Ini Dia Tujuan-Tujuan Diturunkannya Al-Quran


Al-Quran adalah petunjuk bagi manusia, pembeda antara yang hak dan yang batil beserta penjelasannya.

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)… (Q.S. Al-Baqarah : 185)

Al-Quran diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dengan beberapa tujuan.

Allah SWT berfirman :

(Al Quran) ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia, dan supaya mereka diberi peringatan dengan-Nya, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran. (Q.S. Ibrahim : 52)

Di ayat tersebut Allah SWT menjelaskan bahwa Al-Quran adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia, sebagai pemberi peringatan, sebagai penjelas bahwasannya Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Esa, dan sebagai pelajaran bagi kita.

Untuk itu, mari kita senantiasa membaca Al-Quran, mempelajarinya, memaknai isinya, mengamalkannya dan mengajarkannya kepada orang lain.


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

- Unknown

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar: