Apakah Sebenarnya Hari Pembalasan Itu? Berikut Pembahasannya


Kita sering sekali mendengar Hari Pembalasan itu, tetapi banyak di antara kita yang tidak tahu apa sebenarnya Hari Pembalasan itu. Allah SWT memberi tahu kita bahwa Hari Pembalasan itu pasti terjadi, sebagaimana firman-Nya.
dan sesungguhnya (hari) pembalasan pasti terjadi. (Q.S. Adz-Dzaariyaat : 6)

Nah, di dalam Al-Quranul Hakim Allah SWT menjelaskan  apa sebenarnya Hari Pembalasan itu.
Allah SWT berfirman :
Tahukah kamu apakah hari pembalasan itu? Sekali lagi, tahukah kamu apakah hari pembalasan itu? (Yaitu) hari (ketika) seseorang tidak berdaya sedikitpun untuk menolong orang lain. Dan segala urusan pada hari itu dalam kekuasaan Allah. (Q.S. Al-Infithaar : 17-19)

Di ayat lain, Allah SWT juga menjelaskan tentang Hari Pembalasan tersebut. Allah SWT berfirman :
mereka bertanya: "Bilakah hari pembalasan itu?" (Hari pembalasan itu) ialah pada hari ketika mereka diazab di atas api neraka. (Dikatakan kepada mereka): "Rasakanlah azabmu itu. Inilah azab yang dulu kamu minta untuk disegerakan." (Q.S. Adz-Dzaariyaat : 12-14)

Sudah datangkah kepadamu berita (tentang) hari pembalasan? Banyak muka pada hari itu tunduk terhina, bekerja keras lagi kepayahan, memasuki api yang sangat panas (neraka), diberi minum (dengan air) dari sumber yang sangat panas. Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri, yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar. (Q.S. Al-Ghaasyiyah : 1-8)

Allah SWT juga memberi tahu kita hidangan pada Hari Pembalasan bagi orang yang sesat lagi mendustakan. Sebagaimana firman-Nya :
Kemudian sesungguhnya kamu hai orang-orang yang sesat lagi mendustakan, benar-benar akan memakan pohon zaqqum, dan akan memenuhi perutmu dengannya. Sesudah itu kamu akan meminum air yang sangat panas. Maka kamu minum seperti unta yang sangat haus minum. Itulah hidangan untuk mereka pada hari Pembalasan." (Q.S. Al-Waaqi’ah : 51-56)

Masya Allah, begitu mengerikannya azab dari Allah SWT. Bahkan itu baru sekedar hidangannya saja, belum lagi siksaan dan balasan lainnya yang akan Allah SWT berikan nanti.

Lalu siapakah orang-orang yang mendustakan hari Pembalasan itu?
Dan tidak ada yang mendustakan hari pembalasan itu melainkan setiap orang yang melampaui batas lagi berdosa, yang apabila dibacakan kepadanya ayat-ayat Kami, ia berkata: "Itu adalah dongengan orang-orang yang dahulu" (Q.S. Al-Muthaffifiin : 12-13)

Begitulah pembahasan tentang Hari Pembalasan dari Al-Quran, tentu saja yang paling lengkap mengetahui tentang hal itu adalah Raja dari Hari Pembalasan itu sendiri, yaitu Allah SWT.
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang Menguasai di Hari Pembalasan. (Q.S. Al-Fatihah : 2-4)

Semoga bermanfaat

Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. Saya jadi makin termotivasi, makasih banget

    ReplyDelete