Wahai Saudaraku Engkau Akan Mempertanggung Jawabkan Perbuatanmu


Allah SWT telah memberikan kita kehidupan ini, memberikan kita harta, pakaian, jabatan, suami, istri, anak, saudara, oksigen, air, dan semuanya. Dan Allah SWT kelak akan meminta pertanggung jawaban kita atas semua yang kita lakukan terhadap nikmat-nikmat Allah SWT tersebut.

Allah SWT berfirman :
Tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya, (Q.S. Al-Muddatstsir : 38)

Semuanya akan kita pertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT, termasuklah semua dosa-dosa dan kesalahan yang kita lakukan. Allah SWT berfirman :
Katakanlah: "Kamu tidak akan ditanya (bertanggung jawab) tentang dosa yang kami perbuat dan kami tidak akan ditanya (pula) tentang apa yang kamu perbuat." (Q.S. Saba’ : 25)

Pada Hari Kiamat nanti, Allah ‘Azza Wa Jalla akan memberikan kita 4 macam pertanyaan yang harus kita jawab.

Dari sahabat Abu Barzah RA, telah berkata Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi Wa Sallam :
“Tidaklah bergeser kedua kaki seorang hamba nanti pada Hari Kiamat, sehingga Allah akan menanyakan (4 perkara), tentang umurnya dihabiskan untuk apa, tentang ilmunya diamalkan atau tidak, tentang hartanya dari mana dia peroleh dan ke mana dia habiskan, tentang tubuhnya capek/lelahnya untuk apa.”(HR. Tirmidzi, diriwayatkan juga oleh Ad-Darimi dan lainnnya dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah).

Maka dari itu, mari kita persiapkan diri kita untuk mempertanggung jawabkan semua perbuatan dan kehidupan kita kepada Allah SWT.


Semoga penjelasan tersebut bermanfaat.
Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment