Ayat-Ayat Seputar Getaran & Gelombang Di Dalam Al-Quran







A. GETARAN

Maka mereka mendustakan Syu'aib, lalu mereka ditimpa gempa yang dahsyat, dan jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di tempat-tempat tinggal mereka. (Q.S. Al -‘Ankabuut : 37)
Penjelasan : Gempa adalah salah satu contoh getaran.

B. GELOMBANG

Anaknya menjawab: "Aku akan mencari perlindungan ke gunung yang dapat memeliharaku dari air bah!" Nuh berkata: "Tidak ada yang melindungi hari ini dari azab Allah selain Allah (saja) Yang Maha Penyayang." Dan GELOMBANG menjadi penghalang antara keduanya; maka jadilah anak itu termasuk orang-orang yang ditenggelamkan. (Q.S. Huud : 43)

C. MACAM-MACAM GELOMBANG

1. MENURUT MEDIUM PERAMBATANNYA
a) Gelombang Mekanik

GELOMBANG BUNYI/SUARA

Dan tatkala datang azab Kami, Kami selamatkan Syu'aib dan orang-orang yang beriman bersama-sama dengan dia dengan rahmat dari Kami, dan orang-orang yang zalim dibinasakan oleh satu SUARA yang mengguntur, lalu jadilah mereka mati bergelimpangan di rumahnya. (Q.S. Huud : 94)
Penjelasan : Bunyi sama dengan suara.
b) Gelombang Elektromagnetik

GELOMBANG CAHAYA

Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, (Q.S. Asy-Syams : 1)

2. MENURUT ARAH RAMBATANNYA
a) Gelombang Transversal

GELOMBANG PADA AIR

Anaknya menjawab: "Aku akan mencari perlindungan ke gunung yang dapat memeliharaku dari air bah!" Nuh berkata: "Tidak ada yang melindungi hari ini dari azab Allah selain Allah (saja) Yang Maha Penyayang." Dan GELOMBANG menjadi penghalang antara keduanya; maka jadilah anak itu termasuk orang-orang yang ditenggelamkan. (Q.S. Huud : 43)

b) Gelombang Longitudinal
GELOMBANG BUNYI
Maka mereka dibinasakan oleh SUARA keras yang mengguntur di waktu pagi, (Q.S. Al-Hijr : 83)
Penjelasan : Bunyi sama dengan suara

D. BEBERAPA ZAT PERANTARA BUNYI YANG DISEBUT AL-QURAN

1. AIR
Atau siapakah yang telah menciptakan langit dan bumi dan yang menurunkan AIR untukmu dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan AIR itu kebun-kebun yang berpemandangan indah, yang kamu sekali-kali tidak mampu menumbuhkan pohon-pohonnya? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) mereka adalah orang-orang yang menyimpang (dari kebenaran). (Q.S. An-Naml : 60)

2. ALKOHOL
Tidak ada dalam khamar itu ALKOHOL dan mereka tiada mabuk karenanya. (Q.S. Ash-Shaaffaat : 47)

3. EMAS
Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis EMAS, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). (Q.S. Ali ‘Imran : 14)

4. BESI
Dan katakanlah: "Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir." Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti BESI yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek. (Q.S. Al-Kahfi : 29)

Subhanallah, Sungguh Maha Suci Allah atas segala firman-Nya
Share on Google Plus

- Unknown

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment