Solusi Al-Quran Jika Kita Memiliki Banyak Masalah


Bismillaahirrahmaanirrahiim


Al-Quran memberi kita banyak solusi ataupun cara kita ketika kita sedang memiliki banyak masalah ataupun mendapat banyak musibah ataupun juga mendapat banyak cobaan dan ujian dari Allah


1. Berdzikir kepada Allah Ta’ala, karena dengan berdzikir mengingat Allah saja hati kita yang sedang mendapat masalah akan segera tenteram. Sebagaimana firman Allah SWT :
(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. (Q.S. Ar-Ra’d : 28)

2. Bersabar dan mendirikan sholat, karena Allah memerintahkan kepada kita agar menjadikan keduanya sebagai penolong kita dalam menghadapi banyak masalah, sebagaimana firman-Nya :
Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu', (Q.S. Al-Baqarah : 45)

3. Bertawakkal kepada Allah, karena sesungguhnya kehidupan di dunia ini tidaklah seberapa dibandingkan kehidupan di akhirat. Allah SWT berfirman :
Maka sesuatu yang diberikan kepadamu, itu adalah kenikmatan hidup di dunia; dan yang ada pada sisi Allah lebih baik dan lebih kekal bagi orang-orang yang beriman, dan hanya kepada Tuhan mereka, mereka bertawakkal. (Q.S. Asy-Syuura : 36)

4. Membaca Al-Quran, karena Al-Quran telah diturunkan Allah ‘Azza Wa Jalla salah satunya sebagai penawar bagi orang-orang yang beriman, baik itu penawar bagi penyakitnya ataupun berbagai masalah. Allah Tabaraka Wa Ta’ala berfirman :
Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. (Q.S. Al-Israa’ : 82)

5. Jangan berputus asa dari rahmat Allah, karena hanya orang-orang yang kafir dan sesat saja yang berputus asa dari rahmat Allah, karena sesungguhnya bisa jadi itu adalah cobaan dan ujian bagi kita agar kita dinaikkan derajatnya oleh Allah. Sebagaimana yang dikisahkan Al-Quran berikut :
Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Zumar : 53)

6. Berfikir positif kepada Allah, karena bisa jadi ada rahasia dibalik semua masalah itu. Sebagaimana yang difirmankan Allah di Al-Quran :
.....Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (Q.S. Al-Baqarah : 216)

7. Mengucapkan kalimat istirjaa (pernyataan kembali kepada Allah) yaitu Innaa lillaahi wa innaa ilaihi rooji'uun. Sebagaimana yang diajarkan Al-Quran :
(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Innaa lillaahi wa innaa ilaihi rooji'uun (Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah kami kembali)” (Q.S. Al-Baqarah : 156)

8. Bersyukur kepada Allah karena semua peristiwa yang terjadi adalah takdir dan kehendak Allah jadi harus kita syukuri apapun itu, dan dengan itu pula masalah yang akan kita hadapi tetap mendapat curahan nikmat dari Allah. Sebagaimana firman-Nya :
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (Q.S. Ibrahim : 7)

9. Berdoa kepada Allah, karena sesungguhnya Dia itu dekat dan Allah Maha Mendengar doa kita. Sebagaimana firman Allah di Al-Quran :
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (Q.S. Al-Baqarah : 186)


Wallahu A’lam Bishshowab

Semoga bermanfaat.

Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

Baca Juga