Janganlah Melakukan Sesuatu Berlebihan-Lebihan


Sesungguhnya Allah SWT melarang kita melakukan segala sesuatu secara berlebihan, karena Allah SWT sangat membenci orang yang berlebih-lebihan dan itu bukanlah sesuatu hal yang baik.

Allah SWT berfirman :

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (Q.S. Al-A’raaf : 31)

 Dalam hal apapun, kita dilarang Allah SWT untuk berlebihan, termasuk dalam hal ibadah. Misalnya ada seseorang yang sholat dzuhur sampai 8 rakaat, itu namanya sudah menyalahi aturan dari Allah SWT. Contoh lainnya adalah makan dan minum berlebihan, itu merupakan larangan dari Allah SWT dan tentu saja tidak menyehatkan. Maka dari itu hidup kita harus sesuai dengan aturan dan ketetapan yang ditentukan oleh Allah dan Rasul-Nya, jangan sampai berlebihan. Karena ketetapan dan aturan tersebut pasti mengandung hikmah yang besar.


Semoga bermanfaat. 
Share on Google Plus

- Unknown

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment