Ayat-Ayat Tentang Buah Kurma di Al-Quran


Kurma adalah buah yang sangat manis, memiliki banyak manfaat, dapat menyembuhkan beberapa penyakit, dapat mencegah banyak penyakit dan masih banyak lagi yang lainnya. Kurma juga adalah salah satu makanan dan buah favorit kesukaan Rasulullah SAW, bahkan memakannya sebagai hidangan berbuka puasa merupakan sunnah dari Rasulullah SAW. Di dalam Al-Quran, Allah SWT banyak menyebutkan tentang kurma.

1. Surah Maryam ayat 25
Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu,

2. Surah Al-Hasyr ayat 5
Apa saja yang kamu tebang dari pohon kurma (milik orang-orang kafir) atau yang kamu biarkan (tumbuh) berdiri di atas pokoknya, maka (semua itu) adalah dengan izin Allah; dan karena Dia hendak memberikan kehinaan kepada orang-orang fasik.

3. Surah Al-Baqarah ayat 266
Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang dia mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, lalu terbakarlah. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya

4. Surah Maryam ayat 23
Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia berkata: "Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan."

5. Surah Thaahaa ayat 71
Berkata Fir'aun: "Apakah kamu telah beriman kepadanya (Musa) sebelum aku memberi izin kepadamu sekalian. Sesungguhnya ia adalah pemimpinmu yang mengajarkan sihir kepadamu sekalian. Maka sesungguhnya aku akan memotong tangan dan kaki kamu sekalian dengan bersilang secara bertimbal balik, dan sesungguhnya aku akan menyalib kamu sekalian pada pangkal pohon kurma dan sesungguhnya kamu akan mengetahui siapa di antara kita yang lebih pedih dan lebih kekal siksanya."

6. Surah Al-Mu’minuun ayat 19
Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan,

7. Surah Yaasiin ayat 34
Dan Kami jadikan padanya kebun-kebun kurma dan anggur dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air,

8. Surah Qaaf ayat 10
dan pohon kurma yang tinggi-tinggi yang mempunyai mayang yang bersusun- susun,

9. Surah Ar-Rahmaan ayat 11
Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang.

10. Surah Ar-Rahmaan ayat 68
Di dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima.

11. Surah Al-Haaqqah ayat 7
yang Allah menimpakan angin itu kepada mereka selama tujuh malam dan delapan hari terus menerus; maka kamu lihat kaum 'Aad pada waktu itu mati bergelimpangan seakan-akan mereka tunggul pohon kurma yang telah kosong (lapuk).

12. Surah ‘Abasa ayat 29
zaitun dan kurma,

13. Surah Al-An’aam ayat 99
Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.

14. Surah Al-An’aam ayat 141
Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.

15. Surah Ar-Ra’d ayat 4
Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon korma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.

16. Surah An-Nahl ayat 11
Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.

17. Surah An-Nahl ayat 67
Dan dari buah korma dan anggur, kamu buat minimuman yang memabukkan dan rezki yang baik. Sesunggguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan.

18. Surah Al-Israa’ ayat 91
atau kamu mempunyai sebuah kebun korma dan anggur, lalu kamu alirkan sungai-sungai di celah kebun yang deras alirannya,

19. Surah Al-Kahfi ayat 32
Dan berikanlah kepada mereka sebuah perumpamaan dua orang laki-laki, Kami jadikan bagi seorang di antara keduanya (yang kafir) dua buah kebun anggur dan kami kelilingi kedua kebun itu dengan pohon-pohon korma dan di antara kedua kebun itu Kami buatkan ladang.

20. Surah Asy-Syu’araa’ ayat 148
dan tanam-tanaman dan pohon-pohon korma yang mayangnya lembut.

21. Surah Al-Qamar ayat 20

yang menggelimpangkan manusia seakan-akan mereka pokok korma yang tumbang.

Jadi dari 21 ayat di atas dapat kita tarik kesimpulan begitu istimewanya pohon ataupun buah kurma ini. Semoga menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan semoga bermanfaat bagi kita semua.
Share on Google Plus

- Yusri Triadi

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

12 komentar:

  1. Masya Allah sungguh mengagumkan nice info gan

    ReplyDelete
  2. Ente pengkaji quran ya gan, bagus banget isi artikel blog ente, thumbsup deh, bisa jadi rekomen ni blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe saya ingin terus mengkaji Al-Quran gan, terima kasih banyak untuk semuanya gan

      Delete
  3. sangat bermanfaat :D

    terimakasih gan :D

    ReplyDelete
  4. Subhanallah bener-bener gan buah kurma ini
    kereen

    ReplyDelete