Ternyata Al-Quran Membahas Tentang Bulan Sabit dan Bulan Purnama




Begitu istimewanya bulan sabit dan purnama ini sehingga Al-Quran pun membahasnya. Berikut selengkapnya

1. Tentang Bulan Sabit

Al-Quran menyebut kata bulan Sabit hanya sekali di Al-Quran, berikut adalah ayatnya :

Mereka bertanya kepadamu tentang bulan sabit. Katakanlah: "Bulan sabit itu adalah tanda-tanda waktu bagi manusia dan (bagi ibadat) haji; Dan bukanlah kebajikan memasuki rumah-rumah dari belakangnya, akan tetapi kebajikan itu ialah kebajikan orang yang bertakwa. Dan masuklah ke rumah-rumah itu dari pintu-pintunya; dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung. (Q.S. Al-Baqarah : 189)

Di ayat tersebut Allah SWT menjelaskan bahwasannya Bulan Sabit itu adalah tanda-tanda waktu bagi manusia dan untuk ibadah haji. Ini membuktikan begitu istimewanya bulan sabit itu. Subhanallaah.

2. Tentang Bulan Purnama

Al-Quran juga menyebutkan tentang bulan purnama, sama halnya dengan bulan sabit, bulan purnama juga hanya disebut sekali di Al-Quran, berikut adalah ayatnya :

dan dengan bulan apabila jadi purnama, (Q.S. Al-Insyiqaaq : 18)

Di ayat tersebut Allah SWT bersumpah dengan bulan purnama, begitu istimewanya bulan purnama ini sehingga Allah SWT pun bersumpah dengannya.

Jadi penyebutan bulan sabit dan bulan purnama bukanlah penyebutan biasa, tetapi penyebutannya itu membuktikan dan memberitahukan kepada kita bahwa kedua bulan tersebut begitu istimewa dan spesial di sisi Allah SWT. Mari kita jadikan kedua bulan itu sebagai renungan bahwasannya Allah SWT adalah Dzat Yang Maha Kuasa, tidak ada satu dzat atau makhluk pun yang dapat menciptakan bulan sabit ataupun purnama kecuali hanya Allah SWT saja. Maka dari itu sudah sepantas dan seharusnya kita hanya tunduk patuh kepada-Nya.



Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

- Unknown

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar: