Inilah Tujuan dan Fungsi Allah SWT Menciptakan Bintang


Bintang adalah salah satu benda langit dari begitu banyaknya benda langit yang diciptakan Allah SWT. Bintang juga salah satu benda langit yang Allah SWT abadikan namanya menjadi nama Surah di Al-Quran yaitu Surah An-Najm (Surah ke-53) yang berarti bintang. Allah SWT juga menjelaskan kepada kita apa apa sebenarnya tujuan dan fungsi diciptakannya bintang.

1. Untuk menjelaskan tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan Allah SWT

Dan Dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu. Dan bintang-bintang itu ditundukkan (untukmu) dengan perintah-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memahami (nya), (Q.S. An-Nahl : 12)

Maka sudah sepantasnya dan seharusnya kita bersyukur kepada-Nya atas segala limpahan karunia dan nikmat kepada kita.

2. Untuk menghiasi langit

Allah SWT berfirman :
Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang (di langit) dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang (nya), (Q.S. Al-Hijr : 16)

Sesungguhnya Kami telah menghias langit yang terdekat dengan hiasan, yaitu bintang-bintang, (Q.S. Ash-Shaaffaat : 6)

Dari ayat di atas, Allah SWT menjelaskan bahwasannya bintang-bintang itu diciptakan salah satunya untuk menghiasi langit. Kita hampir setiap malam melihat begitu indahnya bintang-bintang di langit, luar biasa penciptaan dari Allah SWT.

3. Alat pelempar syetan

Allah SWT berfirman :
Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang, dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala. (Q.S. Al-Mulk : 5)

4. Untuk menjelaskan bahwasannya bintang itu bukan tuhan yang tidak sepantasnya dan seharusnya disembah manusia. Karena pada akhirnya bintang-bintang itu akan dihancurkan oleh Allah SWT

dan apabila bintang-bintang jatuh berserakan, (Q.S. Al-Infithaar : 2)


5. Menjadi penerang bagi manusia

Dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan tanda-tanda kebesaran (Kami) kepada orang-orang yang mengetahui. (Q.S. Al-An’aam : 97)

Kita mengetahui bahwasannya bintang itu memiliki energi cahaya, sama halnya dengan matahari. Karena bintang itu bercahaya, jadi dapat digunakan manusia menjadi petunjuk jalan ketika gelap.



Semoga  bermanfaat.
Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment