Ini Dia Orang-Orang Yang Rugi Menurut Al-Quran


Siapa di dunia ini yang mau menjadi orang yang rugi? Tentu tidak ada yang mau. Semua orang ingin menjadi orang yang beruntung di sisi Allah SWT. Tetapi tidak semua orang di dunia ini hidupnya beruntung, malah dia sendiri yang membuat hidupnya menjadi rugi. Di dalam Al-Quran, Allah SWT membuat kategori dan siapa saja yang tergolong orang-orang yang rugi di sisi-Nya. Siapa sajakah mereka?

1. Orang yang melanggar perjanjian dengan Allah, yang memutuskan apa yang diperintahkan Allah (kepada mereka) untuk menghubungkannya dan orang yang membuat kerusakan di muka bumi

(yaitu) orang-orang yang melanggar perjanjian Allah sesudah perjanjian itu teguh, dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah (kepada mereka) untuk menghubungkannya dan membuat kerusakan di muka bumi. Mereka itulah orang-orang yang rugi. (Q.S. Al-Baqarah : 27)

2. Orang yang tidak mendapat karunia dan rahmat dari Allah SWT

Kemudian kamu berpaling setelah (adanya perjanjian) itu, maka kalau tidak ada karunia Allah dan rahmatNya atasmu, niscaya kamu tergolong orang yang rugi. (Q.S. Al-Baqarah : 64)

3. Orang yang ingkar terhadap Kitab Allah SWT

Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi. (Q.S. Al-Baqarah : 121)

4. Orang yang tidak beragama Islam alias non muslim alias kafir

Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi. (Q.S. Ali ‘Imran : 85)

5. Mengikuti orang kafir bahkan sampai murtad

Hai orang-orang yang beriman, jika kamu mentaati orang-orang yang kafir itu, niscaya mereka mengembalikan kamu ke belakang (kepada kekafiran), lalu jadilah kamu orang-orang yang rugi. (Q.S. Ali ‘Imran : 149)

6. Orang yang mendustakan ayat-ayat Allah SWT

Dan sekali-kali janganlah kamu termasuk orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang rugi. (Q.S. Yunus : 95)

7. Menyembah selain Allah SWT

Maka sembahlah olehmu (hai orang-orang musyrik) apa yang kamu kehendaki selain Dia. Katakanlah: "Sesungguhnya orang-orang yang rugi ialah orang-orang yang merugikan diri mereka sendiri dan keluarganya pada hari kiamat." Ingatlah yang demikian itu adalah kerugian yang nyata. (Q.S. Az-Zumar : 15)

8. Menjadikan syetan sebagai pelindung

….Barangsiapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata. (Q.S. An-Nisaa’ : 119)

9. Mendurhakai Allah SWT

Shaleh berkata: "Hai kaumku, bagaimana pikiranmu jika aku mempunyai bukti yang nyata dari Tuhanku dan diberi-Nya aku rahmat (kenabian) dari-Nya, maka siapakah yang akan menolong aku dari (azab) Allah jika aku mendurhakai-Nya. Sebab itu kamu tidak menambah apapun kepadaku selain daripada kerugian. (Q.S. Huud : 63)

10. Orang yang tidak menyembah Allah SWT dengan penuh keyakinan

Dan di antara manusia ada orang yang menyembah Allah dengan berada di tepi; maka jika ia memperoleh kebajikan, tetaplah ia dalam keadaan itu, dan jika ia ditimpa oleh suatu bencana, berbaliklah ia ke belakang. Rugilah ia di dunia dan di akhirat. Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata. (Q.S. Al-Hajj : 11)

Demikianlah orang-orang yang rugi menurut Al-Quran, semoga kita tidak termasuk di dalamnya. Mari kita berusaha dan membiasakan diri kita agar tidak tergolong menjadi orang-orang yang rugi. Yaitu dengan menjadi orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, saling menasehati dalam kebenaran dan saling menasehati dalam kesabaran. Sebagaimana firman-Nya :

Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (Q.S. Al-‘Ashr : 2-3)


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment