Dr. Zakir Naik - Sang Dokter Ahli Medis, Pendakwah dan Cendikiawan Islam


Zakir Naik adalah fitur dalam daftar Indian Express dari “100 Tokoh Paling Berpengaruh di India” di Duia. Dalam daftar khusus pada tahun 2009 dari “Top 10 Gurus Spiritual India” Zakir Naik menduduki peringkat ke 3, setelah Baba Ramdev dan Sri Sri Ravi Shankar, dan menjadikannya sebagai satu-satunya Muslim dalam daftar tersebut. Zakir Naik juga ditempatkan dalam 62 teratas dalam daftar “500 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia” diterbitkan oleh George Washington University, Amerika Serikat.

Biografi
Zakir Abdul Karim Naik yang lahir pada tanggal 18 Oktober 1965 di Mumbai, merupakan seorang pembicara umum Muslim India, penulis hal-hal tentang Islam dan perbandingan agama. Ia bersekolah di St. Peter’s High School (ICSE) di kota Mumbai. Kemudian bergabung dengan Kishinchand Chellaram College dan mempelajari kesehatan di Topiwala National Medical College and Nair Hospital di Mumbai. 

Ia kemudian menerima gelar MBBS-nya di University of Mumbai. Zakir Naik juga seorang dokter medis dengan pelatihan profesional, sebelum akhirnya dia berhenti bekerja pada tahun 1991 dan beralih di bidang dakwah. Zakir Naik sangat terkenal sebagai seorang orator internasional yang dinamis tentang Islam dan Perbandingan Agama. 

Zakir Naik sangat populer untuk analisis kritis dan jawaban meyakinkan untuk pertanyaan menantang yang diajukan oleh khalayak setelah pembicaraan publik. Dalam 15 tahun terakhir (pada tahun 2011) Zakir Naik telah memberikan lebih dari 1500 pembicaraan publik di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Italia, Arab Saudi, Mesir, UEA, Kuwait, Qatar, Bahrain, Oman, Australia, Selandia Baru , Afrika Selatan, Botswana, Malaysia, Singapura, Hong Kong, Thailand, Guyana (Amerika Selatan), Trinidad, Mauritius dan banyak negara lain, selain pembicaraan masyarakat banyak di India. Dia telah berhasil berpartisipasi dalam simposium dan dialog dengan beberapa tokoh terkemuka dari agama lain.

Ceramah & Debat
Zakir Naik telah mengadakan banyak perdebatan dan ceramah di seluruh dunia. Salah satu paling populer di antaranya adalah debat Zakir Naik dengan William Campbell di Chicago pada bulan April 2000 pada topik “Al-Qur’an dan Alkitab: Dalam Ilmu Pengetahuan” Zakir Naik mengatakan bahwa “Meskipun kampanye anti-Islam melengking, 34.000 orang Amerika telah memeluk Islam dari September 2001 hingga Juli 2002.” 

Ia mengatakan Islam adalah agama yang dapat dibuktikan dengan akal dan sesuai logika manusia, dan bahwa Quran berisi 1000 ayat yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Sebuah tema populer yang Zakir Naik adalah mencoba untuk menunjukkan bagaimana teori-teori ilmiah yang telah dibuktikan oleh AlQuran. Misalnya, ia mengatakan ayat-ayat tertentu dari Quran secara akurat telah dapat menggambarkan perkembangan embriologi. Bulan 1 April 2005, Zakir Naik terlibat dalam debat dengan William Campbell, topiknya adalah Islam dan Kristen dalam konteks ilmu pengetahuan, di mana keduanya membicarakan dugaan kesalahan ilmiah di dalam kitab suci.

Kontroversi
Khushwant Singh, seorang jurnalis India, mengatakan bahwa kata-kata Zakir Naik ”kejam” dan “mereka jarang masuk debat tingkat sarjana perguruan tinggi, di mana kontestan bersaing dengan yang lainnya untuk memperoleh nilai terbaik”.

Bulan August 2006, kunjungan dan konferensi Naik di Cardiff (Britania Raya) menjadi obyek kontroversi ketika MP (anggota parlemen) Wales David Davies meminta acaranya dibatalkan. Ia menyebutnya seorang "penjual kebencian", dan mengatakan pandangannya tidak pantas memperoleh "platform publik".


(Wikipedia, dan berbagai sumber)
Share on Google Plus

- Unknown

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

17 komentar:

  1. wah ane sering liat oran gini gan di youtube....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, dia emang sering tampil di YouTube karena acara debat agamanya

      Delete
  2. Nice gan artikel dan infonya :)
    Salam dari BlogWalker!

    ReplyDelete
  3. zakir naik memang sosok yang hebat, kata2 yang paling saya ingat adalah:
    jika ISA di sebut Tuhan karena tidak punya ayah, lalu bagaimana dengan Adam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu adalah salah satu kata favorit saya. Tidak diragukan lagi kualitas beliau dalam mendakwahkan Islam

      Delete
  4. Nice infox gan bookmark dulu gan dah ngantuk

    ReplyDelete
  5. wah keren gan orang ini .. thanks atas pengetahuanya

    http://goo.gl/tlWTmj

    ReplyDelete
  6. sangat bermanfaat gan .. f

    back www.malangtvonline.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. setiap orang pasti ada yang pro dan kontra, semangan pak

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah, penemu kita juga merupakan pendakwah, semoga generasi muda tambah bergiat mengikuti jejak mereka.

    ReplyDelete