Hadits Malaikat Seribu Tangan, Shahihkah?

image

السؤال
هل الرواية هذه صحيحة يا شيخ أفتونا جزاكم الله عنا خيرا
ملك قادر على عد كل شيء إلا شيء واحد
عن رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم قال : ليلة المعراج عندما وصلت إلى السماء رأيت ملكاً له ألف يد وفي كل يد ألف إصبع وكان يعد بأصابعه، فسألت جبرائيل عليه السلام عن اسمه وعن وظيفته وعمله، فقال إنه ملك موكل على عدد قطرات المطر النازلة إلى الأرض .. فسألت الملك : هل تعلم عدد قطرات المطر النازلة من السماء إلى الأرض منذ خلق الله الأرض ؟
فأجاب الملك : يا رسول الله (صلى الله عليه وسلم) والله الذي بعثك بالحق نبياًَ إني لأعلم عدد قطرات المطر النازلة من السماء إلى الأرض عامة وكما أعلم الساقطة في البحار والقفار والمعمورة والمزروعة والأرض السـبخة والمقابر.
قال النبي (صلى الله عليه وسلم): فتعجبت من ذكائه وذاكرته في الحساب ..
فقال الملك : يا رسول الله (صلى الله عليه وسلم) ولكني بما لدي من الأيدي
والأصابع وما عندي من الذاكرة والذكاء فإني أعجز من عد أمر واحد .
فقلت له: وما ذاك الأمر ؟
قال الملك : إذا اجتمع عدد من أفراد أمتك في محفل وذكروا اسمك فصلوا عليك .
فحينذاك أعجز عن حفظ ما لهؤلاء من الأجر والثواب إزاء صلواتهم عليك ….
Pertanyaan :
Wahai Syaikh, apakah riwayat ini shahih? Tolong beri kami fatwa, semoga Allah membalas kebaikan kalian.
–Malaikat yang mampu menghitung segala sesuatunya kecuali satu perkara–
Dari Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda, “Pada malam mi’raaj yaitu ketika aku dinaikkan ke langit, aku melihat malaikat yang mempunyai seribu tangan dan pada setiap tangannya mempunyai seribu jari jemari.
Maka aku bertanya pada Jibriil ‘Alaihissalaam mengenai nama, pekerjaan dan tugas malaikat tersebut.
Jibriil berkata, “Sesungguhnya dia adalah malaikat yang ditugasi menurunkan tetes hujan di permukaan bumi.”
Kemudian aku bertanya kepada malaikat tersebut, “Apakah engkau mengetahui jumlah tetesan air hujan yang kau turunkan dari langit menuju permukaan bumi semenjak Allah menciptakan bumi?”
Malaikat menjawab, “Wahai Rasulullah (Shallallaahu ‘alaihi wasallam), demi Allah yang mengutusmu sebagai Nabi dengan kebenaran, sesungguhnya aku mengetahui semua jumlah tetesan air hujan yang aku turunkan dari langit hingga permukaan bumi, sebagaimana aku mengetahui jumlah turunnya di lautan, padang rumput, daratan, sawah-sawah, rawa-rawa dan pekuburan.”
Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Aku takjub dengan kecerdasan dan daya ingatmu dalam hal perhitungan.”
Malaikat berkata, “Wahai Rasulullah (Shallallaahu ‘alaihi wasallam), akan tetapi bersamaan dengan jumlah tangan dan jari jemariku, lalu kecerdasan dan daya ingatku, aku tidak mampu untuk menghitung satu perkara.”
Aku bertanya, “Perkara apakah itu?”
Malaikat berkata, “Jika setiap individu dari umatmu berkumpul dalam suatu majelis kemudian mereka menyebut namamu dan bershalawat kepadamu, pada saat itulah aku tidak sanggup menghitung jumlah pahala untuk mereka yang bershalawat kepadamu.”
الإجابــة
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعـد:
فإن هذا الكلام لم نجده إلا في بعض المنتديات، وبعضها يشكك في رسالة النبي صلى الله عليه وسلم ويحتج به على بطلانها، ومن أمارات الوضع الظاهر فيه ركاكة الألفاظ.
علما بأن بعض كلماته من اللغة الحديثة التي لم تكن معروفة الاستعمال في هذه المعاني في القديم، ومنها الذاكرة والوظيفة والمحفل.
والله أعلم.
Dijawab oleh Markaz Fatawa Islamweb :
Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam selalu tercurah kepada Rasulullah, keluarganya dan para sahabatnya. Amma ba’d.
Sesungguhnya perkataan ini tidak kami temukan (dalam kitab-kitab hadits) kecuali pada beberapa komunitas, dan beberapa komunitas tersebut menyangsikannya sebagai risalah Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam dan menerangkan ketidakbenarannya, dan dari tanda-tanda bahwa ia wadh’ (palsu) adalah nampak padanya lafazh-lafazh yang rapuh.
Ketahuilah bahwa ada beberapa kata dari lughah (gaya bahasa) hadits tersebut yang tidak diketahui pemakaian makna-maknanya pada masa yang lampau, di antaranya adalah Adz-Dzaakirah (الذاكرة), Al-Wazhiifah (الوظيفة) dan Al-Mahfil (المحفل).
Wallaahu a’lam.
Jadi kesimpulannya, hadits ini adalah hadits yang tidak ada asal-usulnya dalam syari’at agama ini.
Diterjemahkan dari : http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId〈=A&Id=62461
Sumber : muhandisun.wordpress.com
Artikel elmuntaqa.wordpress.com
Share on Google Plus

- Unknown

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment