Ini Fungsi Serta mamfaat Laut Dijlelaskan Dalam Alquran

Allah SWT menciptakan bumi dengan bagian lautan lebih banyak daripada daratannya. Ini membuktikan begitu istimewanya laut dan pentingnya laut. Kita mengetahui bahwa banyak orang yang menjadikan laut sebagai penghasilan utama dan tambahan untuk hidupnya, sehingga tidak salah jika kita katakan laut memiliki fungsi dan manfaat yang begitu besar bagi makhluk Allah SWT di muka bumi ini. Di dalam Al-Quran Allah SWT menjelaskan beberapa manfaat laut. Sebagaimana firman-Nya :

Laut menjelang sore
Dan Dia-lah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur. (Q.S. An-Nahl : 14)

Di ayat tersebut Allah SWT menjelaskan banyak manfaat laut, seperti dapat mengambil ikan-ikan ataupun hewan lainnya untuk dikonsumsi ataupun dijual, kemudian kita juga dapat memanfaatkan laut untuk menghasilkan mutiara dari kerang ataupun tiram sehingga bisa dijual dan dipakai untuk perhiasan, kemudian laut juga merupakan tempat berlayarnya bahtera dan kapal-kapal sehingga dapat menjadi objek wisata ataupun dapat menangkap hasil laut dari kapal-kapal tersebut. Di akhir ayat Allah SWT menjelaskan bahwasannya itu semua adalah karunia-Nya dan agar kita bersyukur untuk itu, jangan sampai kita menjadi lupa kepada Allah SWT dan kufur kepada-Nya.

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. (Q.S. Al-Baqarah : 152)

Jadi sebenarnya semua yang Allah SWT ciptakan di langit dan di bumi ini memiliki tujuan dan alasan yang benar tetapi kebanyakan dari kita tidak mengetahuinya.

Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dengan bermain-main. Kami tidak menciptakan keduanya melainkan dengan haq, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui. (Q.S. Ad-Dukhaan : 38-39)

Maka dari itu kita harus bersyukur kepada Allah SWT dan jangan pernah mengingkari nikmat-Nya.
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Baca Juga