3 - Surat Kepada Raja Khosrau 2/Chosroes Persia

Rasulullah SAW juga mengirim surat kepada Raja Khosrau II, Abrawaiz dari kerajaan Persia. Ia mengutus sahabatnya Abdullah bin Hudzaifah As-Sahmi yang isinya menyerunya kepada Islam. Namun setelah membaca surat tersebut, sang raja melah mereobek surat dan Rasulullah SAW dan berkata "Hamba rendahan dari rakyatku menuliskan namanya mendahuluiku."

Kabar disobeknya surat tersebut sampai kepada Rasulullah. Dia pun "Semoga Allah merobek-robek kerajaannya.". Allah SWT pun mengabulkan doa tersebut. Persia akhirnya kalah dalam perang menghadapi Romawi dengan kekalahan yang menyakitkan. Kemudian dia pun digulingkan oleh anaknya sendiri yakni Syirawaih. Dia dibunuh dan dirampas kekuasaannya. Selanjutnya pemerintah itu kian terobek-robek dan hancur sampai akhirnya dikuasai oleh pasukan Islam pada zaman Khalifah Umar bin Al-Khaththab r.a sampai tidak bisa lagi berdiri.
isi surat

"Bismillahirrahmanirrahim. Dari Muhammad hamba Allah dan Rasul-Nya. Kepada Kisra penguasa rakyat Persia. Salam sejahtera bagi yang mengikuti petunjuk dan beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Aku bersaksi behawa tiada Tuhan kecuali Allah yang Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Aku mengajak dengan seruan Allah.

Sesungguhnya aku adalah Rasul Allah kepada seluruh umat manusia agar dapat memberi peringatan kepada orang-orang yang hidup hatinya dan agar ketetapan azab kepada orang-orang kafir itu pasti. Masuklah Anda ke dalam Islam, niscaya akan selamat. Jika kamu menolak, sesungguhnya kamu memikul dosa kaum Majusi. "
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Baca Juga