Ternyata Setiap Kebaikan Dibalas Sepuluh Kali Lipat


Sesungguhnya Allah SWT menyukai perbuatan baik dan tidak menyukai perbuatan buruk

Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. (Q.S. Al-Baqarah : 195)

Bahkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberi ganjaran dan balasan bagi orang yang berbuat baik dan berbuat buruk.

Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan). (Q.S. Al-An’aam : 160)

Ayat di atas menjelaskan bahwa amal ataupun perbuatan baik akan dibalas Allah SWT 10 kali lipat, sedangkan perbuatan buruk akan dibalas seimbang alias 1 kali sesuai perbuatannya. Bahkan di dalam ayat lain Allah SWT menjelaskan bahwa ganjaran bagi orang yang bersedah di jalan Allah SWT dibalas 10 sampai 700 kali lipat

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (Q.S. Al-Baqarah : 261)

Pengertian menafkahkan harta di jalan Allah meliputi belanja untuk kepentingan jihad, pembangunan perguruan, rumah sakit, usaha penyelidikan ilmiah, pembangunan tempat pengajian, pembangunan masjid dan lain-lain.

Ketahuilah bahwasannya Allah Tabaraka Wa Ta’ala adalah Sebaik-baik Pemberi Balasan

Di sana pertolongan itu hanya dari Allah Yang Hak. Dia adalah sebaik-baik Pemberi pahala dan sebaik-baik Pemberi balasan. (Q.S. Al-Kahfi : 44)

Maka dari itu marilah kita perbanyak perbuatan baik dan menjauhkan diri dari perbuatan buruk agar kita dicintai Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan manusia.


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

10 komentar:

  1. wah dapeet ilmu baru nih, thanks gan :D

    ReplyDelete
  2. wew inilah maha besar allah swt gan , islam itu indah :D

    ReplyDelete
  3. Karna hukum alam itu pasti. Allah tidak bernah ingkar janji....

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali gan, Allah tidak pernah menyalahi janji-Nya

      Delete
  4. mantep sekali, walaupun berbuat kebaikan sekecil pun pasti akan dibalas dengan setimpal..

    ReplyDelete
  5. subhannalloh , memang alloh maha baik,,. :)

    ReplyDelete