Kenapa Penciptaan Nabi Isa Sama Dengan Penciptaan Nabi Adam?


Nabi Adam ‘Alaihissalam dan Nabi ‘Isa ‘Alaihissalam merupakan dua nabi yang begitu mulia. Mereka memiliki banyak persamaan, bahkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala menciptakan Nabi ‘Isa Alaihissalam sebagaimana Dia menciptakan Nabi Adam ‘Alaihissalam.

Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: "Jadilah" (seorang manusia), maka jadilah dia. (Q.S. Ali ‘Imran : 59)

Kenapa penciptaan mereka sama? Karena mereka berdua sama-sama diciptakan tanpa seorang ayah dan diciptakan dengan kalimat Allah yaitu Kun yang berarti “Jadilah” serta juga diciptakan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan tiupan roh dari-Nya.

Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, Isa putera Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: "(Tuhan itu) tiga", berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah menjadi Pemelihara. (Q.S. An-Nisaa’ : 171)

Maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya (Adam) dan Kutiupkan kepadanya roh (ciptaan)Ku; maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya." (Q.S. Shad : 72)

Maka dari itu, segala sesuatu mudah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala, jika Dia menginginkan sesuatu dia hanya berkata “Kun Fayakun” yang berarti “Jadilah! Maka jadilah dia”

Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: "Jadilah", maka jadilah ia. (Q.S. Maryam : 35)

Sesungguhnya Allah Ta’ala adalah Dzat Yang Maha Kuasa

Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu, (Q.S. Al-Mulk : 1)


Semoga pembahasan singkat ini bermanfaat.
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar:

  1. Nice info gan jadi lebih tau ane tentang Al-Quran terimakasih banyak

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum wr.wb,
    persamaan nabi adam a.s dan nabi isa a.s adalah mereka dijadikan oleh Allah tanpa hubungan suami isteri, sedangkan keturunan nabi adam dan hawa adalah melalui hubungan antara suami isteri.(seperti firman Allah pada surat al insaan ayat 2.
    "Sungguh, Kami ciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur, lalu Kami beri dia (anugerah) pendengaran dan penglihatan." (Al Qur'an, 76:2)
    walaupun demikian Allah telah menciptakan kita semua termasuk nabi adam a.s dan nabi isa a.s dengan setetes air mani seperti firmanya pada surat yaasiin ayat 77.

    wassalamualaikum wr.wb,
    sayyid

    ReplyDelete

Baca Juga