Fakta Perintah Allah Kepada Para Malaikat Untuk Sujud Kepada Adam di Al-Quran


Banyak di antara kita yang sudah mengetahui bagaimana permulaan tentang penciptaan Adam ‘Alaihissalam, yang mana setelah Allah Subhanahu Wa Ta’ala menciptakan beliau maka Dia memerintahkan para malaikat termasuk iblis untuk sujud kepada Nabi Adam ‘Alaihissalam. Tetapi hanya iblis yang enggan bersujud kepada Nabi Adam ‘Alaihissalam karena dia merasa lebih baik daripada Nabi Adam ‘Alaihissalam, karena dia diciptakan dari api sedangkan Nabi Adam ‘Alaihissalam diciptakan dari tanah. Perlu untuk diketahui dan diingat bahwasannya makna sujud kepada Nabi Adam ‘Alaihissalam ini adalah memuliakan dan menghormati beliau, bukan sebagai sujud dalam artian ibadah. Karena sujud dalam hal ibadah hanya diperuntukkan kepada Allah ‘Azza Wa Jalla.

Kali ini Blog Ilmu Dari Al-Quran ingin menampilkan alias memberikan ayat-ayat tentang perintah Allah Ta’ala ini. Kenapa? Tujuannya agar kembali menyegarkan ingatan kita sekaligus sebagai pengetahuan bagi kita. Dan tahukah kalian bahwasannya tidak hanya 1 atau 2 ayat saja yang menyebutkan tentang perihal ini? Ternyata lebih dari itu, maka dari itu kita akan menampilkan ayat-ayatnya. Daripada banyak basa-basi mendingan kita lihat aja yuk.

Ayat Pertama

Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam," maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. (Q.S. Al-Baqarah : 34)

Ayat Kedua

Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakan kepada para malaikat: "Bersujudlah kamu kepada Adam", maka merekapun bersujud kecuali iblis. Dia tidak termasuk mereka yang bersujud. (Q.S. Al-A’raaf : 11)

Ayat Ketiga

Dan (ingatlah), tatkala Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu semua kepada Adam", lalu mereka sujud kecuali iblis. Dia berkata: "Apakah aku akan sujud kepada orang yang Engkau ciptakan dari tanah?" (Q.S. Al-Israa’ : 61)

Ayat Keempat

Dan (ingatlah) ketika Kami berkata kepada malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam", maka mereka sujud kecuali iblis. Ia membangkang. (Q.S. Thaahaa : 116)

Ayat Kelima

Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turanan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim. (Q.S. Al-Kahfi : 50)

Ayat Keenam

(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah." Maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan kepadanya roh (ciptaan)Ku; maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya." Lalu seluruh malaikat-malaikat itu bersujud semuanya, kecuali iblis; dia menyombongkan diri dan adalah dia termasuk orang-orang yang kafir. (Q.S. Shad : 71-74)


Semoga pembahasan ini bermanfaat.
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

6 komentar:

Baca Juga