Anjuran Mengucapkan Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun


Islam sesungguhnya adalah agama yang benar, agama yang diridhoi Allah SWT, agama yang mana segala aturan dari berbagai hal dijelaskan di dalamnya, baik itu di dalam Al-Quran ataupun Al-Hadits.

Dia-lah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar Dia memenangkannya di atas segala agama-agama meskipun orang musyrik membenci. (Q.S. Ash-Shaff : 9)

Di dalam Al-Quran, Allah SWT mengajarkan kepada kita bahwasannya jikalau kita tertimpa kemalangan ataupun suatu musibah yang besar ataupun kecil, dianjurkan bagi kita untuk membaca kalimat istirjaa yaitu pernyataan kembali kepada Allah SWT, kalimat ini berbunyi Innaa Lillaahi Wa Innaa Ilaihi Rooji’uun. Sebagaimana firman-Nya :

(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun". (Q.S. Al-Baqarah : 156)

Arti dari kalimat ataupun bacaan ini adalah “sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah kami kembali.“

Kalimat ini sangat dianjurkan untuk dibaca karena merupakan perintah Allah SWT langsung di dalam Al-Quran. Beberapa hikmah dari kalimat ataupun bacaan ini antara lain :

1. Kita menjadi hamba-hamba Allah SWT yang bersabar, bertawakkal, dan ikhlas.
2. Kita menyadari bahwa segala sesuatu itu milik Allah SWT dan akan kembali lagi kepada-Nya.
3. Kita menyadari bahwa kita adalah makhluk Allah SWT yang dhoif (lemah), sehingga kita tidak ada apa-apanya dibandingkan Allah SWT.
4. Kita menjadi mengingat Allah SWT dan semakin dekat dengan-Nya.


Dan masih banyak lagi hikmahnya yang tidak mungkin disebutkan satu-persatu dari kami, semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kita semua.
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Baca Juga