Beginilah Cara Berlaku Adil Yang Diajarkan Allah SWT


Di dalam hidup ini, kita diperintahkan oleh Allah SWT untuk berlaku adil terhadap apapun dan kepada siapapun.

Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (Q.S. An-Nahl : 90)

Keadilan adalah suatu perbuatan yang baik dan itu adalah kewajiban kita semua sebagai manusia untuk berbuat adil. Dan ketahuilah, sesungguhnya Allah Maha Adil dan menyukai orang-orang yang berbuat adil

… dan hendaklah kamu berlaku adil; sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil. (Q.S. Al-Hujuraat : 9)

Di dalam Al-Quran, Allah SWT mengajarkan kepada kita bagaimana cara berbuat adil dan menjadi penegak keadilan yang benar. Sebagaimana firman-Nya :

Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan. (Q.S. An-Nisaa’ : 135)

Di ayat tersebut Allah SWT mengajarkan bahwasannya keadilan harus ditegakkan seadil-adilnya, tidak perduli dia itu saudara ataupun karib kerabat dan tidak perduli dia itu kaya atau miskin. Dan dalam berbuat keadilan kita tidak boleh mengikuti hawa nafsu yang membuat kita menyimpang dari kebenaran. Dan di akhir ayat Allah SWT menjelaskan bahwa Dia mengetahui tentang keadilan yang kita buat itu tentang adil atau tidaknya, karena Dialah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu.


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Baca Juga