9 Mukjizat Nabi Musa AS yang Diberikan Allah SWT


Semua para nabi dan rasul memiliki mukjizat yang diberikan Allah SWT untuk membuktikan risalah yang dibawa nabi dan rasul-Nya. Jadi yang bisa melakukan mukjizat hanyalah nabi dan rasul saja yang terjadi dengan izin dari Allah SWT. Kepada nabi Musa AS, Allah SWT memberikan 9 buah mukjizat untuk membenarkan risalah yang dibawanya.

Allah SWT berfirman :
Dan sesungguhnya Kami telah memberikan kepada Musa sembilan buah mukjizat yang nyata, maka tanyakanlah kepada Bani Israil, tatkala Musa datang kepada mereka lalu Fir'aun berkata kepadanya: "Sesungguhnya aku sangka kamu, hai Musa, seorang yang kena sihir." (Q.S. Al-Israa’ : 101)

Berikut adalah 9 mukjizat nabi Musa AS yang dijelaskan oleh Al-Quran.

1. Tongkat
Maka Musa menjatuhkan tongkat-nya, lalu seketika itu juga tongkat itu menjadi ular yang sebenarnya. (Q.S. Al-A’raaf : 107)

Lalu dilemparkannyalah tongkat itu, maka tiba-tiba ia menjadi seekor ular yang merayap dengan cepat. (Q.S. Thaahaa : 20)

2. Tangan Nabi Musa AS
dan kepitkanlah tanganmu ke ketiakmu, niscaya ia keluar menjadi putih cemerlang tanpa cacad, sebagai mukjizat yang lain (pula), (Q.S. Thaahaa : 22)

3. Taufan

4. Belalang

5. Kutu

6. Katak

7. Darah
Maka Kami kirimkan kepada mereka taufan, belalang, kutu, katak dan darah sebagai bukti yang jelas, tetapi mereka tetap menyombongkan diri dan mereka adalah kaum yang berdosa. (Q.S. Al-Israa’ : 133)

8. Membelah Laut
Lalu Kami wahyukan kepada Musa: "Pukullah lautan itu dengan tongkatmu." Maka terbelahlah lautan itu dan tiap-tiap belahan adalah seperti gunung yang besar. (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 63)

9. Bukit Thuur
Dan tiadalah kamu berada di dekat gunung Thur ketika Kami menyeru (Musa), tetapi (Kami beritahukan itu kepadamu) sebagai rahmat dari Tuhanmu, supaya kamu memberi peringatan kepada kaum (Quraisy) yang sekali-kali belum datang kepada mereka pemberi peringatan sebelum kamu agar mereka ingat. (Q.S. Al-Qashash : 46)


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Mukjizat nabi musa mmg 9bh (al-israa ayat 101), cuma koreksi point no7 min, surat al-israa' cuma 111 ayat, tolong dicek dulu referensi nya sebelum memposting..makasih..

    ReplyDelete

Baca Juga