Nama Lengkap dan Asal Dari 10 Ahli Hadits Terkenal


Kali ini blog Ilmu Dari Al-Quran akan membahas sedikit tentang beberapa ahli hadits terkenal yang sangat berpengaruh di dunia. Kita hanya akan membahas 10 saja pada tulisan ini.

1. Imam Malik Rahimahullah

Nama lengkap beliau adalah Abu Abdullah Malik bin Anas bin Malik bin Abi Amir bin Amr bin Haris bin Gaiman bin Kutail bin Amr bin Haris al-Asbahi. Beliau lahir di Kota Madinah pada tahun 712 Masehi dan wafat pada tahun 796 Masehi.

2. Imam Hanafi Rahimahullah

Nama lengkap beliau adalah Abu Hanifah An-Nu’man Taimillah bin Tsa’labah. Imam Hanafi Rahimahullah berasal dari keturunan bangsa Persi. Beliau dilahirkan pada tahun 80 Hijriyah pada masa shigharus shahabah dan para ulama berselisih pendapat tentang tempat kelahiran Imam Abu Hanifah Rahimahullah, menurut penuturan anaknya Hamad bin Abu Hadifah bahwa Zuthi berasal dari kota Kabul dan dia terlahir dalam keadaan Islam. Ada juga yang mengatakan dari Anbar, yang lainnya mengatakan dari Turmudz dan yang lainnya lagi mengatakan beliau dari Babilonia.

3. Imam Syafi’i Rahimahullah

Nama dari Imam Syafi’i adalah Muhammad dengan kun-yah Abu Abdillah. Nasab beliau secara lengkap adalah Muhammad bin Idris bin al-‘Abbas bin ‘Utsman bin Syafi‘ bin as-Saib bin ‘Ubayd bin ‘Abdu Zayd bin Hasyim bin al-Muththalib bin ‘Abdu Manaf bin Qushay. Nasab beliau bertemu dengan nasab Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam pada diri ‘Abdu Manaf bin Qushay. Dengan begitu, beliau masih termasuk sanak kandung Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam karena masih terhitung keturunan paman-jauh beliau , yaitu Hasyim bin al-Muththalib.

4. Imam Hanbali Rahimahullah

Nama beliau adalah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal. Beliau lahir di Kota Baghdad, pada tahun 780 Masehi dan wafat pada tahun 855 Masehi. Beliau adalah murid dari Imam Syafi'i Rahimahullah

5. Imam Bukhari Rahimahullah

Nama lengkap beliau adalah Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Al-Mughirah bin Badrdizbah Al-Ju'fiy Al Bukhari, namun beliau lebih dikenal dengan nama Bukhari. Beliau lahir di Kota Bukhara, Uzbekistan, Asia Tengah pada hari Jumat, tepatnya pada tanggal 13 Syawal 194 Hijriyah atau 21 Juli 810 Masehi.

6. Imam Muslim Rahimahullah

Nama lengkap beliau adalah Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj bin Muslim bin Kausyaz al Qusyairi an Naisaburi. Beliau lahir di Kota Naisabur pada tahun 202 Hijriyah atau 817 Masehi.

7. Imam Tirmizi Rahimahullah

Nama lengkap beliau adalah Imam Al-Hafiz Abu Isa Muhammad bin Isa bin Saurah bin Musa bin Ad-Dahhak As-Sulami At-Tirmizi. Beliau lahir di Kota Tirmiz pada tahun 279 Hijriyah.

8. Imam Al-Baihaqi Rahimahullah

Nama lengkap beliau adalah Imam Al-Hafith Al-Mutaqin Abu Bakr Ahmed ibn Al-Hussein ibn Ali ibn Musa Al Khusrujardi Al-Baihaqi. Beliau berasal dari Khurasan yaitu desa kecil di pinggiran Kota Baihaq.

9. Imam An-Nawawi Rahimahullah

Nama beliau adalah Yahya bin Syaraf bin Hasan bin Husain An-Nawawi Ad-Dimasyqiy, Abu Zakaria. Beliau dilahirkan di Nawa, sebuah kampung di daerah Dimasyq (Damaskus) yang sekarang merupakan ibukota Suriah pada bulan Muharram tahun 631 Hijriyah.

10. Syeikh Al-Albani Rahimahullah

Nama lengkap beliau adalah Abu Abdirrahman Muhammad Nashiruddin bin Nuh al-Albani dan yang lebih dikenal dengan nama Syeikh Al-Albani. Beliau lahir di kota Ashqadar (ibukota Albania masa lampau) pada tahun 1333 Hijriyah.

Itulah info singkat mengenai 10 pakar hadits yang sangat terkenal. Semoga jasa-jasa dan apa yang telah dilakukan oleh ahli-ahli hadits ini mendapat ganjaran surga dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Aamiin.


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

- Unknown

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

6 komentar:

  1. Oh jadi itu nama lengkapnya, jadi tau nih. Thanks gan nambah wawasan ;)

    ReplyDelete
  2. Oii min kok aneh setelah imam nawawi langsung ke syeikh albani,, emangnya tidak ada ulama hadits lagi sebelum sheikh albani,, jauh jarak nya antara imam nawawi ke sheikh albani, ,aneh ni yang posting

    ReplyDelete
  3. Sebagian ulama lainnya berbeda pendapat dengan syeikh albani,, seperti ibnu taimiyyah,, ttg hadits mengadzkan bayi yang baru lahir , dan banyak ulama hadits sebelum lahir nya sheikh albani , kok tidak di posting,, jadi siapa gurunya sheikh albani, ,ada nggak sanad nya ke imam nawawi,,, waduh nggak jelas admin nya nih

    ReplyDelete
  4. Masyaa Allaah..jauh nanget lompatannya

    ReplyDelete