Keadaan Mekkah di Zaman Nabi Ibrahim AS


Kalau kita melihat keadaan kota Mekkah saat ini sungguh jauh berbeda dengan keadaan pada zaman dahulu, terlebih lagi ketika di zaman Nabi Ibrahim AS. Al-Quran memberitahu kita bagaimana keadaan kota Mekkah saat itu.

(Ibrahim berdoa) Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur. (Q.S. Ibrahim : 37)

Dari ayat Al-Quran di atas, Nabi Ibrahim AS menerangkan bahwa dulu Ka’bah itu lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman, sebuah hamparan padang pasir yang begitu kering dan tak berpenghuni. Tapi jikalau kita melihat kondisi Mekkah sekarang ini, jauh sekali dari zaman Nabi Ibrahim AS bahkan begitu jauh dengan keadaan di masa Nabi Muhammad SAW masih hidup. Sekarang Kota Mekkah mudah dikunjungi orang banyak, sudah berpenghuni, kota yang begitu maju, kota yang Allah SWT berkahi di dalamnya.

Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (Q.S. Al-Israa’ : 1)


Semoga kajian singkat ini menambah wawasan dan pengetahuan kita, dan semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment