Energi Potensial di Al-Quran


    Kali ini kita akan membahas tentang penjelasan energi potensial yang terdapat di Al-Quran. Energi potensial adalah energi yang dimiliki suatu benda karena kedudukannya terhadap permukaan bumi. Langsung saja kita buka ayat yang menjadi pembahasan utama kita kali ini, terdapat di dalam Surah Al-An’aam ayat 38.

Allah Swt. Berfirman :

Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan.


    Ayat di atas mengandung frase kalimat “burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya”. Di dalam fisika kalimat tersebut menjelaskan bahwa burung-burung tersebut yang terbang memiliki energi potensial. Karena ketika burung tersebut terbang maupun berada di suatu tempat di atas permukaan bumi, burung tersebut memiliki energi potensial. Jadi secara tersirat Al-Quran menjelaskan salah satu contoh penerapan energi potensial dalam kehidupan sehari-hari.

    Walaupun hanya satu ayat, tetapi paling tidak kaya akan manfaat bagi kita semua. Jadi kalau ada orang yang mencari contoh penerapan fisika dalam kehidupan sehari-hari, tidak ada salahnya mencarinya di dalam Al-Quran. Selain mendapat pengetahuan, kita juga akan mendapatkan nilai lebih terhadap pemahaman yang terdapat di Al-Quran.

Wallahu’alam Bishshowab.
Share on Google Plus

- Unknown

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment