Energi Mekanik di Dalam Al-Quran


    Di dalam fisika Energi Mekanik adalah penjumlahan antara energi kinetik dan energi potensial. Allah menjelaskan energi mekanik ini di dalam Al-Quran Surah Maryam ayat 25

Allah Swt. Berfirman :

Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu,

    Ayat di atas sebenarnya perkataan Malaikat Jibril kepada Siti Maryam yang sedang mengandung Nab Isa AS. Tetapi karena orang-orang mengusirnya dan selalu mengejeknya, ia pun melarikan diri dari kaumnya. Sehingga sampailah dia di bawah pohon kurma, lalu Malaikat Jibril menyuruh Maryam menggoyangkan pangkal pohon kurma agar pohon tersebut menjatuhkan buahnya.

    Kita akan kembali ke pembahasan, di dalam ilmu fisika, baik itu ketika buah kurma itu masih di pohon, bergerak ke bawah, dan jatuh ke tanah. Buah tersebut memiliki energi yang disebut energi mekanik. Ketika buah kurma itu masih di pohonnya, energi mekanik yang dimiliki kurma tersebut sama dengan energi potensialny. Ketika buah kurma itu bergerak ke bawah, energi mekaniknya sama dengan penjumlahan antara energi kinetik dengan energi potensial, sedangkan ketika kurma itu jatuh ke bawah, energi mekaniknya sama dengan energi kinetiknya.

    Jadi kesimpulannya adalah, buah kurma tersebut memiliki energi mekanik, potensial dan kinetik. Kurma tersebut memiliki energi mekanik di 3 posisi, yaitu ketika masih berada di pohon, ketika bergerak ke bawah, dan ketika jatuh ke bawah. Kurma itu juga memiliki energi potensial di 2 posisi, yaitu ketika masih berada di pohon dan ketika bergerak ke bawah. Kurma tersebut juga memiliki energi kinetik di 2 posisi, yaitu ketika bergerak ke bawah dan ketika jatuh mendekati permukaan tanah.

    Itulah Al-Quranul Karim yang banyak sekali mengandung ilmu pengetahuan dan fakta ilmiah, Karena sebagai Kitab yang paling sempurna, Al-Quran telah dibekali dengan berbagai isi yang banyak mengandung manfaat. Semoga ini menambah ilmu pengetahuan kita dan menambah keimanan kita kepada Allah Swt yang telah memberikan karunia-Nya kepada kita.

Wallahu’alam Bishshowab
Share on Google Plus

- Unknown

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment