Nama-Nama Lain Hari Kiamat Pada Nama Surah Al-Quran


Hari Kiamat adalah saat di mana bumi dihancurkan dengan sehancur-hancurnya oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Di dalam Al-Quran, Allah Ta’ala menamakan beberapa Surat yang memiliki makna sama dengan Hari Kiamat. Apa saja suratnya? Mari kita lihat selengkapnya.

1. Surah Al-Waqi’ah (Surat ke-56)

2. Surah Al-Haaqqah (Surat ke-69)

3. Surah Al-Qiyaamah (Surat ke-75)

4. Surah Al-Qaari’ah (Surat ke-101)

Banyaknya nama-nama lain Hari Kiamat di Al-Quran menunjukkan huru-hara Hari Kiamat yang begitu besar. Banyak sekali peristiwa-peristiwa ataupun kejadian saat Hari Kiamat terjadi.

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." (Q.S. Al-A’raaf : 187)

dan apabila gunung-gunung telah dihancurkan menjadi debu, (Q.S. Al-Mursalaat : 10)

Dan masih banyak lagi, itulah salah satu tujuan Al-Quran sebagai pemberi peringatan, yaitu peringatan tentang Hari Kiamat

Tetapi mengapa mereka (orang kafir) mengatakan: "Dia Muhammad mengada-adakannya." Sebenarnya Al-Quran itu adalah kebenaran dari Rabbmu, agar kamu memberi peringatan kepada kaum yang belum datang kepada mereka orang yang memberi peringatan sebelum kamu; mudah-mudahan mereka mendapat petunjuk. (Q.S. As-Sajdah : 3)

Maka dari itu saudara-saudaraku, mari kita persiapkan diri kita untuk menghadapi Hari Kiamat kelak. Karena Hari Kiamat tidak menunggu taubatmu.


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. bumi sudah semakin tua..tanda tanda akhir zaman sudah bermunculan..
    semoga kita selalu di beri hidayah oleh Allah..aminn..

    ReplyDelete

Baca Juga