Taatilah Allah dan Rasul-Nya Maka Kau Akan Selamat dan Bahagia

 

Di dalam hidup ini, kita pasti menginginkan keselamatan dan kebahagiaan bukan hanya di dunia, tapi juga di akhirat. Untuk mencapai hal tersebut kita hanya perlu melakukan 2 hal saja yaitu mentaati Allah SWT dan Rasul-Nya yaitu Rasulullah SAW. Perintah untuk mentaati keduanya begitu banyak di Al-Quran, salah satunya adalah :

Dan taatilah Allah dan Rasul, supaya kamu diberi rahmat. (Q.S. Ali ‘Imran : 132)

Di ayat tersebut perintah Allah SWT sudah sangat jelas dan tujuannya sudah jelas juga yaitu agar kita diberi rahmat oleh Allah SWT.

 Di ayat lain Allah SWT juga memerintahkan untuk mentaati ulil amri

Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

Ulil amri ini mengandung banyak pengertian dan perbedaan pendapat di kalangan para ulama dan ahli hadits, ada yang mengatakan para pemimpin/pemerintah, ulama, sahabat nabi. Pendapat yang paling dikuatkan adalah yaitu pemimpin/pemerintah, tapi tentu pemimpin yang taat dan beriman bukan pemimpin yang tidak beriman dan melakukan maksiat.

Allah SWT juga menjelaskan di dalam Al-Quran untuk mentaati-Nya dan Rasulullah SAW dan jangan merusak amal kita.

Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul dan janganlah kamu merusakkan (pahala) amal-amalmu. (Q.S. Muhammad : 33)

Jadi marilah kita senantiasa mentaati Allah SWT dan Rasulullah SAW agar kita mendapatkan kebahagian dan keselamatan di dunia dan di akhirat.


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment