Sekilas Tentang Kehidupan Dunia Menurut Al-Quran


Allah SWT sering menyebut tentang kehidupan dunia di dalam Al-Quran, Dia menjelaskan bahwasannya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan senda gurau belaka.

Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau. Dan jika kamu beriman dan bertakwa, Allah akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan meminta harta-hartamu. (Q.S. Muhammad : 36)

Maka dari itu jangan sekali-kali kita terlalu cinta dengan kehidupan dunia ini, yang mana kesenangannya tidak seberapa dibandingkan kesenangan di akhirat nanti.

Allah meluaskan rezki dan menyempitkannya bagi siapa yang Dia kehendaki. Mereka bergembira dengan kehidupan di dunia, padahal kehidupan dunia itu (dibanding dengan) kehidupan akhirat, hanyalah kesenangan (yang sedikit). (Q.S. Ar-Ra’d : 26)

Allah SWT pun menyebut kehidupan dunia itu sebagai permainan belaka, suatu yang melalaikan dan hanya kesenangan yang menipu. Kenapa? Karena dunia itu tidak bersifat kekal, kesenangan yang bersifat sementara karena suatu saat nanti kita akan mati.

Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah- megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu. (Q.S. Al-Hadiid : 20)

Ketahuilah, bahwasannya akhirat lah sebenar-benarnya kehidupan yaitu kehidupan yang kekal dan abadi

Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui. (Q.S. Al-‘Ankabuut : 64)

Maka dari itu marilah kita jangan terlalu cinta kepada dunia ini karena pada waktunya nanti kita akan meninggalkannya. Utamakanlah kehidupan akhirat daripada dunia, tetapi jangan lupakan kesenangan dan bagianmu di akhirat. Taatlah kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, maka kita akan dapatkan kesenangan dunia dan akhirat.


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment