Kamu Tidak Mengetahui Apa Yang Terjadi Esok Hari


Semua yang terjadi di langit dan di bumi ini adalah atas kehendak Allah SWT , tidak ada yang bisa mempengaruhi-Nya dalam segala kehendak dan keinginan dari Allah SWT. Apapun yang telah terjadi, yang sedang terjadi maupun yang akan terjadi itu sudah ada ketetapan dari Allah SWT, kita tidak tahu apa yang akan terjadi termasuk hari esok.

Allah SWT berfirman :

…Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok… (Q.S. Luqman : 34)

Kita sebagai hamba Allah SWT yang beriman, kita diwajibkan berusaha sebaik mungkin untuk hari esok sebagai bentuk ikhtiar kita kepada Allah SWT. Dan sisanya itu tergantung kehendak dari Allah SWT. Karena apa? Karena Allah SWT tidak akan merubah nasib suatu kaum jika mereka sendiri tidak mau mencoba ataupun berusaha merubahnya.

…Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia. (Q.S. Ar-Ra’d : 11)


Semoga kajian singkat ini bermanfaat.
Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment