Penutup Yang Indah Dari Surah Al-Baqarah



Allah SWT mengajarkan kepada kita banyak do’a yang diajarkan-Nya di dalam Al-Quran. Begitu banyak do’a-do’a yang mengandung makna yang sangat dalam dan membuat hati kita tersentuh ketika membacanya. Salah satu yang menjadi favorit banyak orang dalam berdo’a adalah do’a yang terdapat di akhir surah Al-Baqarah (ayat ke-286). Dan do’a ini sangat dianjurkan untuk dihafal dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Do’a ini sangat menyentuh jiwa, sangat indah, dan tertata dengan begitu baik. Berikut adalah do’anya :

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا 

رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا 

رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا 

أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Artinya :

…"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma'aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

Subhanallah begitu indahnya penutup Surah Al-Baqarah dengan do’a ini. Dan berikut adalah beberapa kandungan dari do’a ini.

1. Kita memohon agar Allah SWT jangan menghukum kita jikalau kita lupa atau jika kita melakukan kesalahan.

2. Kita memohon kepada Allah SWT agar jangan memberi beban yang berat di hidup kita sebagaimana Dia berikan kepada orang-orang sebelum kita.

3. Kita memohon kepada Allah SWT agar jangan memberi kita cobaan atau sesuatu apapun yang kita tak sanggup untuk memikulnya.

4. Kita memohon kepada Allah SWT agar memaafkan kita, mengampuni kita dan merahmati kita.

5. Kita memohon Allah SWT Yang Maha Penolong agar menolong kita dari tindakan ataupun sikap orang-orang kafir kepada kita.

Begitu dalam maknanya sehingga sangat disayangkan jika kita tidak mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.


Semoga bermanfaat
Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. Sungguh info yang menarik untuk dibaca semua orang :)

    ReplyDelete