Membaca Yasin Untuk Orang Yang Akan Meninggal

image
Fatwa Syaikh Masyhur Hasan al Salman
السؤال : ما هو صحة حديث {اقرأوا على موتاكم سورة يس} ؟
Pertanyaan :
Shahihkah hadits “Bacakan surat Yasin untuk orang yang akan meninggal dunia”..?
الجواب: هذا حديث ضعيف جداً، أخرجه أبو داود والنسائي وابن ماجه، وأحمد وغيرهم من طريق ابن المبارك عن أبي عثمان عن أبيه عن معقل بن اليسار،
Jawaban :
Status hadits yang ditanyakan adalah sangat lemah, diriwayatkan oleh Abu Daud, Nasai Ibnu Majah, Ahmad dll dari jalur Ibnul Mubarok dari Abu Utsman dari ayahnya dari Ma’qil bin al Yasar.
وأبو عثمان وأبوه، كما قال الإمام الذهبي في الميزان، مجهولان، فهذا إسناد مظلم، ولا يعمل به،
Abu Utsman dan ayahnya adalah dua perawi yang majhul alias tidak dikenal identitasnya sebagaimana penjelasan adz Dzahabi dalam al Mizan. Jadi sanad hadits di atas adalah ‘gelap’ sehingga tidak bisa menjadi dasar beramal.
وقرائتها لم يثبت فيها شيء كما قال الإمام الدار قطني.
Tidak ada satu pun hadits shahih mengenai membaca surat Yasin sebagaimana kesimpulan Daruquthni.
لكن من السنة أن نلقن الميت “لا إله إلا الله” وهو يحتضر فإن قالها نسكت عليه، فإن تكلم بكلام غيرها، رجعنا ولقناه أن يقول” لا إله إلا الله” فيكون حرصنا عليه أن نجعل آخر كلامه من الدنيا”لا إله إلا الله” .
Yang benar dan sesuai dengan sunnah Nabi adalah menalqin orang yang hendak meninggal dunia dengan kalimat “La ilaha illallah”. Jika orang yang ditalqin itu sudah mengucapkannya maka kita diam. Jika orang tersebut mengucapkan kata kata lainnya maka ketika itu kita kembali menalqinnya dengan “La ilaha illallah”. Jadi kita berupaya agar perkataan terakhir yang dia ucapkan sebelum meninggalkan dunia adalah La ilaha illallah.
Sumber : ustadzaris.com
Share on Google Plus

- Unknown

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment