Karya Seni Rupa 3 Dimensi di Al-Quran

Karya seni rupa 3 dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi atau memiliki volume. Di Dalam Al-Quran, Allah menyebut beberapa karya seni rupa 3 dimensi, yang mana sebagai berikut :

1. Rumah Ibadah (Masjid, Gereja, dll)

(yaitu) orang-orang yang telah diusir dari kampung halaman mereka tanpa alasan yang benar, kecuali karena mereka berkata: "Tuhan kami hanyalah Allah." Dan sekiranya Allah tiada menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain, tentulah telah dirobohkan biara-biara Nasrani, gereja-gereja, rumah-rumah ibadat orang Yahudi dan masjid-masjid, yang di dalamnya banyak disebut nama Allah. Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa, (Q.S. Al-Hajj : 40)


2. Gedung

Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari GEDUNG-GEDUNG yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang berterima kasih. (Q.S. Saba’ : 13)


3. Tembok

Mereka tidak akan memerangi kamu dalam keadaan bersatu padu, kecuali dalam kampung-kampung yang berbenteng atau di balik TEMBOK. Permusuhan antara sesama mereka adalah sangat hebat. Kamu kira mereka itu bersatu, sedang hati mereka berpecah belah. Yang demikian itu karena sesungguhnya mereka adalah kaum yang tidak mengerti. (Q.S. Al-Hasyr : 14)


4. Rumah

Dan Allah menjadikan bagimu RUMAH-RUMAHmu sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagi kamu RUMAH-RUMAH (kemah-kemah) dari kulit binatang ternak yang kamu merasa ringan (membawa)nya di waktu kamu berjalan dan waktu kamu bermukim dan (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu onta dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan perhiasan (yang kamu pakai) sampai waktu (tertentu). (Q.S. An-Nahl : 80)


5. Gelas

dan GELAS-GELAS yang penuh (berisi minuman). (Q.S. An-Naba’ : 34)


6. Bangunan

(yaitu) penduduk Iram yang mempunyai BANGUNAN-BANGUNAN yang tinggi (Q.S. Al-Fajr : 7)


Subhanallah, Maha Suci Allah atas segala firman-Nya
Share on Google Plus

- Unknown

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment