Mengatakan Ah Saja Kepada Orang Tua kita Adalah Suatu Dosa

Di banyak ayat Al-Quran, Allah SWT memerintahkan kita untuk berbuat baik kepada kedua orang tua, jangan melawan terhadap keduanya bahkan kita dilarang walaupun sekedar berkata “ah” kepada orang tua kita.

photo google
Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (Q.S. Al-Israa’ : 23)

Ketahuilah, bahwa kedua orang tua kita yang telah merawat kita dari kecil sampai sekarang, terutama seorang ibu.

Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Al-Baqarah : 233)

Bayangkan ibu yang telah rela mempertaruhkan jiwa dan nyawanya agar kita hidup, lalu kita melawannya dan memarahinya. Tegakah kita melakukan itu saudaraku?

Maka dari itu, mari kita taati dan berbuat baik kepada orang tua kita, mari kita mengajak keluarga kita untuk senantiasa berada di jalan Allah SWT.



Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Baca Juga