Saturday, March 18, 2017

Jangan Sampai Terjerumus Dengan Tipu Daya Dan Godaan Syaitan

photo by google

Godaan Syaitan - Allah Subhanahu Wa Ta’ala tidak hanya menciptakan manusia di muka bumi ini, selain manusia Allah Ta’ala juga menciptakan ciptaan yang lainnya. Seperti malaikat, jin, syetan, hewan dan tumbuhan. Tetapi Allah Ta’ala menjadikan segala yang ada di muka bumi ini untuk kita


Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. (Q.S. Al-Baqarah : 29)


Maka dari itu sudah seharusnya kita mensyukuri segala nikmat-nikmat-Nya, menjalankan apa yang

diperintahkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan meninggalkan apa yang dilarang-Nya.


Hai orang-orang yang beriman, taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya, dan janganlah kamu berpaling dari pada-Nya, sedang kamu mendengar (perintah-perintah-Nya), (Q.S. Al-Anfaal : 20)





Di dalam Al-Quran Allah Subhanahu Wa Ta’ala memerintahkan agar jangan mengikuti langkah-langkah syetan.


Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengikuti langkah- langkah syaitan. Barangsiapa yang mengikuti langkah-langkah syaitan, maka sesungguhnya syaitan itu menyuruh mengerjakan perbuatan yang keji dan yang mungkar. Sekiranya tidaklah karena kurnia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu sekalian, niscaya tidak seorangpun dari kamu bersih (dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar itu) selama-lamanya, tetapi Allah membersihkan siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (Q.S. An-Nuur : 21)

Karena apa? Karena syetan itu hanya ingin menggoda kita dengan cara janji-janji dan angan-angan kosong kepada kita. Padahal itu semua adalah tipuan belaka dari syetan.


Syaitan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal syaitan itu tidak menjanjikan kepada mereka selain dari tipuan belaka. (Q.S. An-Nisaa’ : 120)


Godaan syetan membisikkan  hal-hal indah kepada kita, bisikkan untuk melakukan kemaksiatan yang hanya memberikan kenikmatan sementara. Tetapi setelah kita mengikuti apa yang dibisikannya maka dia pun tertawa dan begitu senang karena telah berhasil menggoda kita, dan tidak sedikit pula dari kita yang menyesal setelah melakukan perbuatan maksiat itu. Makanya kita harus mampu menjaga diri kita dari godaan-godaan syetan, karena memang mereka itu adalah musuh yang nyata bagi kita. Berulang kali Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah mengingatkan kepada kita di dalam kitab-Nya.


Dan janganlah kamu sekali-kali dipalingkan oleh syaitan; sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. (Q.S. Az-Zukhruf : 62)

Seperti layaknya musuh, dia berusaha membuat kita tenggelam ke dalam jurang kemaksiatan sehingga jauh dari Allah bahkan melupakan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Kita harus sadar bahwasannya segala sesuatu itu akan dimintai pertanggung jawabannya.


Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggung jawaban)? (Q.S. Al-Qiyaamah : 36)



Kelak kita akan dimintai pertanggung jawaban atas segala yang kita lakukan, dan kita sendiri yang akan menanggungnya.


Tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya, (Q.S. Al-Muddatstsir : 38)

Mari kita terus pertebal keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, kita jadikan Allah sebagai Pelindung kita sehingga tidak ada yang bisa mengganggu kita, termasuk syetan.



Dan Allah lebih mengetahui (dari pada kamu) tentang musuh-musuhmu. Dan cukuplah Allah menjadi Pelindung (bagimu). Dan cukuplah Allah menjadi Penolong (bagimu). (Q.S. An-Nisaa’ : 45)

No comments:

Post a Comment