Ternyata Waktu-Waktu Sholat Dijelaskan di Al-Quran


Ada orang yang bertanya, “Al-Quran tidak pernah menjelaskan waktu-waktu sholat lima waktu, bahkan tidak pernah disebut di sana bahwasannya Allah SWT memerintahkan sholat subuh, dzuhur dan lainnya.” Sesungguhnya yang berkata demikian karena ilmunya yang kurang dan pengetahuannya yang masih minim tentang Al-Quran. Al-Quran sebagai kitab yang menjelaskan segala sesuatu tentu saja menjelaskan sholat lima waktu dan waktu-waktu pengerjaannya. Apalagi sholat ini adalah ibadah yang bisa kita katakan sangat pokok, karena perkara sholat adalah perkara yang pertama-tama ditanyakan di alam kubur nanti.

Allah SWT berfirman :

Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat). (Q.S. Al-Israa’ : 78)

Ayat ini menerangkan waktu-waktu shalat yang lima. Tergelincir matahari untuk waktu shalat Zhuhur dan Ashar, gelap malam untuk waktu Magrib dan Isya.

Dan diperjelas di ayat-ayat yang lain,

Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di petang hari dan waktu kamu berada di waktu subuh, dan bagi-Nyalah segala puji di langit dan di bumi dan di waktu kamu berada pada petang hari dan di waktu kamu berada di waktu Zuhur. (Q.S. Ar-Ruum : 17-18)

Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa (‘Ashar). Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu'. (Q.S. Al-Baqarah : 238)

Jadi, semua waktu-waktu sholat yang lima itu telah dijelaskan Al-Quran. Dan marilah kita jaga waktu-waktu sholat itu dengan mengerjakannya tepat waktu dan jangan sekali-kali meninggalkannya.


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Baca Juga