Seputar Tentang Sufisme dan Fisika Kuantum


Oleh : Ibrahim B. Syed, Ph. D. (Ketua Riset Islam)

Ada kesejajaran dalam tasawuf dan dalam teori kuantum. Sebuah pandangan dunia sangat mirip dengan pandangan, yang diselenggarakan oleh sufi dan fisikawan modern. Berbeda dengan pandangan dunia mekanistik dari Barat, untuk para sufi segala hal dan peristiwa yang dirasakan oleh indera yang saling terkait, terhubung, dan namun aspek yang berbeda atau manifestasi dari realitas yang sama. Untuk Sufi "Pencerahan" adalah sebuah pengalaman untuk menjadi sadar akan persatuan dan saling keterkaitan dari segala sesuatu, untuk mengatasi gagasan tentang diri individu yang terisolasi, dan untuk mengidentifikasi diri mereka dengan realitas tertinggi.

Ilmu pasti dinyatakan dalam bahasa yang sangat canggih matematika modern, sedangkan Tasawwuf didasarkan pada meditasi dan menekankan pada kenyataan bahwa pemahaman Sufi 'tidak dapat dikomunikasikan secara verbal. Realitas seperti yang dialami oleh para sufi benar-benar tak tentu dan tidak dibeda-bedakan. Sufi tidak pernah melihat kecerdasan sebagai sumber pengetahuan tetapi menggunakannya hanya untuk menganalisis dan menginterpretasikan pengalaman pribadi Tasawwuf mereka. Paralel antara percobaan ilmiah dan pengalaman Tasawwuf mungkin tampak mengejutkan mengingat sifat sangat berbeda dari tindakan-tindakan observasi. Fisikawan melakukan eksperimen yang melibatkan kerja sama tim yang rumit dan teknologi yang sangat canggih, sedangkan sufi memperoleh pengetahuan mereka murni melalui introspeksi, tanpa mesin apapun, dalam privasi meditasi atau Dzikir. Untuk mengulang percobaan di modern yang fisika partikel dasar seseorang harus menjalani bertahun-tahun pelatihan. Demikian pula, pengalaman Tasawwuf yang mendalam membutuhkan, umumnya, bertahun-tahun pelatihan di bawah master yang berpengalaman. Kompleksitas dan efisiensi aparatur teknis fisikawan cocok, jika tidak melampaui, dengan bahwa dari mistik fisik dan spiritual-in dalam Dzikir baik-kesadaran. Dengan demikian para ilmuwan dan sufi telah mengembangkan metode yang sangat canggih mengamati alam yang tidak dapat diakses untuk orang awam.

Dzikir

Tujuan dasar dari Dzikir adalah untuk membungkam pikiran berpikir dan menggeser kesadaran dari rasional ke modus intuitif kesadaran. Pembungkaman pikiran dicapai dengan berkonsentrasi perhatian pada satu item, seperti pernapasan seseorang, suara Allah atau La Ilaha Illallah. Bahkan melakukan Salat dianggap sebagai Dzikir untuk membungkam pikiran rasional. Jadi Salat mengarah ke perasaan damai dan ketenangan yang merupakan karakteristik dari bentuk yang lebih statis Dzikir. Keterampilan ini digunakan untuk mengembangkan modus meditasi kesadaran. Dalam Dzikir, pikiran dikosongkan dari semua pikiran dan konsep dan dengan demikian siap berfungsi untuk jangka panjang melalui modus intuitif. Ketika pikiran rasional dibungkam, modus intuitif menghasilkan kesadaran yang luar biasa; lingkungan berpengalaman dalam cara langsung tanpa filter dari pemikiran konseptual. Pengalaman kesatuan dengan lingkungan sekitarnya adalah ciri utama dari keadaan meditasi ini. Ini adalah keadaan kesadaran di mana setiap bentuk fragmentasi telah berhenti, memudar menjadi kesatuan dibeda-bedakan.

WAWASAN MENJADI KENYATAAN

Sufisme didasarkan pada wawasan langsung ke dalam sifat realitas, dan fisika didasarkan pada pengamatan fenomena alam dalam percobaan ilmiah. Dalam fisika model dan teori adalah perkiraan dan dasar untuk penelitian ilmiah modern. Dengan demikian pepatah dari Einstein, "Sejauh hukum matematika mengacu pada realitas, mereka tidak yakin; sejauh mereka yakin, mereka tidak mengacu pada realitas. "Setiap kali sifat penting dari hal-hal yang dianalisis dengan intelek, itu harus tampak absurd atau paradoks. Ini selalu diakui oleh para sufi, tetapi telah menjadi masalah dalam ilmu hanya sangat baru-baru ini, misalnya Ringan seperti gelombang atau foton atau dualitas cahaya. Berbagai fenomena alam milik lingkungan makroskopik para ilmuwan 'dan dengan demikian ranah pengalaman indrawi mereka. Karena gambar dan konsep intelektual bahasa mereka disarikan dari sangat pengalaman ini, mereka cukup dan memadai untuk menggambarkan fenomena alam. Namun dunia atom dan subatom itu sendiri terletak di luar persepsi sensorik kita. Pengetahuan tentang materi pada tingkat ini tidak lagi berasal dari pengalaman indrawi langsung, dan karena itu bahasa biasa, yang gambar nya dari dunia indra, tidak lagi memadai untuk menggambarkan fenomena yang diamati. Seperti kita menembus lebih dalam dan lebih dalam ke alam, kita harus meninggalkan lebih dan lebih dari gambar dan konsep bahasa biasa. Probing dalam atom dan menyelidiki struktur, ilmu melampaui batas imajinasi sensorik kami. Dari titik ini, itu tidak bisa lagi mengandalkan dengan kepastian yang mutlak pada logika dan akal sehat. Quantum fisika yang disediakan para ilmuwan dengan sekilas pertama dari sifat penting dari hal. Seperti sufi, fisikawan sekarang berurusan dengan pengalaman nonindrawi realitas dan, seperti Sufi, mereka harus menghadapi aspek paradoks dari pengalaman ini. Sejak saat itu oleh karena itu, model, dan gambar dari fisika modern menjadi mirip dengan yang dari Tasawwuf para sufi.

MASALAH KOMUNIKASI

Para ilmuwan menyadari bahwa bahasa yang umum kita tidak hanya akurat, tapi benar-benar tidak memadai untuk menggambarkan realitas atom dan subatom. Dengan munculnya Relativitas dan Mekanika kuantum dalam fisika modern itu sangat jelas bahwa pengetahuan baru ini melampaui logika klasik dan bahwa hal itu tidak dapat dijelaskan dalam bahasa sehari. Demikian pula di Tasawwuf itu selalu menyadari bahwa realitas melampaui bahasa biasa dan para sufi tidak takut untuk melampaui logika dan konsep umum. Masalah bahasa dihadapi oleh Sufi adalah persis sama dengan masalah fisika modern menghadapi. Kedua fisikawan dan sufi ingin berkomunikasi pengetahuan mereka, dan ketika mereka melakukannya dengan kata-kata pernyataan mereka paradoks dan penuh dengan kontradiksi logis. Paradoks ini merupakan ciri khas dari semua yang berlatih Tasawwuf dan sejak awal abad ke-20 mereka juga karakteristik fisika modern.

DUALITAS CAHAYA

Dalam Quantum Fisika, banyak dari situasi paradoks yang terhubung dengan sifat ganda cahaya atau - lebih umum - radiasi elektromagnetik. Cahaya menghasilkan fenomena gangguan yang berhubungan dengan gelombang cahaya. Hal ini diamati ketika dua sumber cahaya yang digunakan menghasilkan pola terang dan redup cahaya. Di sisi lain, radiasi elektromagnetik juga memproduksi "fotolistrik" efek: ketika pendek panjang cahaya gelombang seperti sinar ultraviolet atau sinar-x atau sinar gamma menyerang permukaan beberapa logam, mereka dapat "knock off" elektron dari permukaan logam, dan oleh karena itu harus terdiri dari partikel bergerak. Pertanyaan yang bingung fisikawan begitu banyak dalam tahap awal teori kuantum adalah bagaimana radiasi elektromagnetik secara bersamaan bisa terdiri dari partikel (yang entitas terbatas pada volume yang sangat kecil) dan gelombang, yang tersebar di wilayah yang luas dalam ruang. Baik bahasa atau imajinasi bisa berurusan dengan jenis realitas yang sangat baik. Sufisme telah mengembangkan beberapa cara yang berbeda untuk menangani aspek paradoks realitas. Karya Attar, Hafiz, Ibnu Arabi, Rumi, Bastami, dll menunjukkan bahwa mereka penuh dengan kontradiksi menarik dan bahasa kompak, kuat, dan sangat puitis mereka dimaksudkan untuk menangkap pikiran pembaca dan membuangnya off trek akrab penalaran logis. Heisenberg bertanya Bohr: Dapatkah alam mungkin begitu masuk akal seperti itu tampaknya kita dalam percobaan ini atom?


Setiap kali sifat penting dari hal-hal yang dianalisis dengan intelek, itu harus tampak absurd atau paradoks. Ini selalu diakui oleh para sufi, tetapi telah menjadi masalah dalam ilmu dalam 20 abad. Dunia makroskopik adalah di ranah pengalaman indrawi kita. Melalui pengalaman sensorik yang satu ini dapat menarik gambar, konsep intelektual dan mengekspresikannya dalam suatu bahasa. Bahasa ini sudah cukup dan memadai untuk menggambarkan fenomena alam. Model mekanistik Newtonian alam semesta dijelaskan dunia makroskopik. Pada abad ke-20 keberadaan atom dan partikel subatom atau ultimate "blok bangunan" alam itu eksperimental diverifikasi. Atom dan subatom dunia itu sendiri terletak di luar persepsi sensorik kita. Pengetahuan tentang materi pada tingkat ini tidak lagi berasal dari pengalaman indrawi langsung, dan karena itu bahasa biasa kami, yang mengambil gambar dari dunia indra, tidak lagi memadai untuk menggambarkan fenomena yang diamati. Seperti kita menembus lebih dalam dan lebih dalam ke alam, kita harus meninggalkan lebih dan lebih dari gambar dan konsep bahasa biasa. Dari titik ini, itu tidak bisa lagi mengandalkan dengan kepastian yang mutlak pada logika dan akal sehat. Quantum fisika yang disediakan para ilmuwan dengan sekilas pertama dari sifat penting dari hal. Seperti sufi fisikawan sekarang berurusan dengan pengalaman nonindrawi realitas dan, seperti Sufi, mereka harus menghadapi aspek paradoks dari pengalaman ini.

FISIKA MODERN

Menurut sufi, pengalaman mistis langsung realitas adalah peristiwa penting, yang mengguncang dasar-dasar pandangan dunia seseorang, yang adalah acara yang paling mengejutkan yang bisa terjadi di ranah kesadaran manusia (as-Shuhud). Mengganggu setiap bentuk pengalaman standar. Beberapa sufi menggambarkannya sebagai "bagian bawah ember menembus."

Fisikawan di bagian awal abad ke-20 merasa dengan cara yang sama ketika dasar-dasar pandangan dunia mereka terguncang oleh pengalaman baru dari realitas atom, dan mereka menggambarkan pengalaman dalam hal yang sering sangat mirip dengan yang digunakan oleh Sufi. Jadi Heisenberg menulis: "... perkembangan terakhir dalam fisika modern hanya dapat dipahami ketika seseorang menyadari bahwa di sini dasar-dasar fisika sudah mulai bergerak; dan bahwa gerakan ini telah menyebabkan perasaan bahwa tanah akan dipotong dari ilmu pengetahuan. "Penemuan fisika modern mengharuskan perubahan besar dari konsep-konsep seperti ruang, waktu, materi, objek, sebab dan akibat, dll, dan konsep-konsep ini begitu mendasar untuk cara kita mengalami dunia, bahwa fisikawan yang dipaksa untuk mengubah mereka merasa sesuatu yang mengejutkan. Dari perubahan ini sebuah pandangan dunia yang baru dan berbeda secara radikal lahir yang masih dalam proses pembentukan. Teori kuantum menyiratkan keterkaitan penting dari alam. Teori kuantum memaksa kita untuk melihat alam semesta bukan sebagai koleksi benda-benda fisik, melainkan sebagai web yang rumit dari hubungan antara berbagai bagian dari suatu kesatuan yang utuh. Ini adalah cara kaum sufi telah mengalami dunia.

RUANG WAKTU

Para sufi tampaknya mampu mencapai negara nonordinary kesadaran (Shuhud) di mana mereka melampaui dunia tiga dimensi dari kehidupan sehari-hari mengalami lebih tinggi, realitas multidimensi. Dalam fisika relativistik jika seseorang dapat memvisualisasikan empat dimensi ruang-waktu kenyataannya, tidak akan ada paradoks sama sekali. Para sufi memiliki gagasan ruang dan waktu, yang sangat mirip dengan yang tersirat oleh teori relativitas. Dalam Tasawwuf, tampaknya ada intuisi yang kuat untuk "ruang-waktu" karakter realitas. Para sufi telah mengalami keadaan pembubaran lengkap (Fana) di mana tidak ada lagi perbedaan antara pikiran dan tubuh, subjek dan objek. Dalam keadaan pengalaman murni, tidak ada ruang tanpa waktu, tidak ada waktu tanpa ruang, mereka yang saling. Untuk fisikawan gagasan ruang-waktu berdasarkan percobaan ilmiah sedangkan untuk Sufi itu didasarkan pada Tasawwuf. Model relativistik dan teori-teori fisika modern adalah ilustrasi dari dua elemen dasar dari Tasawwuf pandangan dunia-yang Tahwid alam semesta dan karakter intrinsik dinamis. Ruang yang melengkung ke derajat yang berbeda, dan waktu mengalir pada tingkat yang berbeda di berbagai bagian dari alam semesta. Pengertian kita tentang ruang Euclidean tiga dimensi dan aliran linear waktu terbatas untuk pengalaman biasa kita tentang dunia fisik dan telah harus benar-benar ditinggalkan ketika kita memperluas pengalaman ini. Para sufi berbicara tentang perpanjangan pengalaman mereka tentang dunia di negara-negara kesadaran yang lebih tinggi, dan mereka menegaskan bahwa negara-negara ini melibatkan pengalaman yang sangat berbeda dari ruang dan waktu. Mereka menekankan tidak hanya itu mereka melampaui ruang tiga dimensi biasa dalam meditasi, tetapi juga - dan bahkan lebih kuat-bahwa kesadaran biasa waktu melampaui. Alih-alih suksesi linear dari instants, mereka mengalami ini tak terbatas, abadi, namun dinamis. Dalam dunia spiritual tidak ada divisi waktu seperti masa lalu, sekarang dan masa depan; karena mereka telah dikontrak diri menjadi momen tunggal saat ini di mana kehidupan menggetarkan dalam arti sebenarnya.

MASSA-ENERGI EKIVALENSI

Einstein menunjukkan kesetaraan massa-energi, melalui persamaan matematika sederhana, E = mc * 2. Fisikawan mengukur massa partikel dalam satuan energi yang sesuai. Massa hanyalah suatu bentuk energi. Penemuan ini telah memaksa kita untuk memodifikasi konsep kita tentang partikel dalam cara yang penting. Oleh karena itu partikel dipandang sebagai "Qunata" atau bundel energi. Sehingga partikel tidak dilihat sebagai terdiri dari setiap dasar "barang." Tapi energi dikaitkan dengan aktivitas, dengan proses, yang berarti bahwa sifat partikel subatom secara intrinsik dinamis dan mereka bentuk dalam entitas empat dimensi dalam ruang-waktu. Oleh karena itu partikel subatomik memiliki aspek ruang dan aspek waktu. Aspek ruang mereka membuat mereka tampil sebagai objek dengan massa tertentu, aspek waktu mereka sebagai proses yang melibatkan energi setara. Ketika partikel subatomik yang diamati, kita tidak pernah melihat mereka sebagai zat apapun; tapi apa yang kita amati terus berubah pola satu ke yang lain atau tarian berkesinambungan energi. Partikel-partikel dari dunia sub-atomik tidak hanya aktif dalam arti bergerak sangat cepat; mereka sendiri proses. Keberadaan materi dan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan. Mereka aspek tetapi berbeda dari ruang-waktu yang sama kenyataan.
The Sufi, di negara-negara nonordinary mereka kesadaran, tampaknya menyadari interpenetrasi ruang dan waktu pada tingkat makroskopik. Sehingga mereka melihat dunia makroskopik dengan cara yang sangat mirip dengan ide fisikawan 'partikel subatomik. Untuk Sufi "segala sesuatu diperparah adalah tidak kekal" - fanah. Realitas yang mendasari semua fenomena luar segala bentuk dan menentang semua deskripsi dan spesifikasi, maka menjadi tak berbentuk, kosong atau batal. Untuk para sufi semua fenomena di dunia tidak lain adalah manifestasi ilusi pikiran dan tidak memiliki realitas sendiri.

KESIMPULAN

Teori-teori pokok dan model fisika modern menyebabkan pandangan dunia, yang secara internal konsisten, dan dalam harmoni yang sempurna dengan pemandangan Tasawwuf. Arti penting dari persamaan antara pandangan dunia dari fisikawan dan sufi adalah tanpa keraguan. Kedua muncul ketika orang bertanya ke dalam sifat penting dari hal-ke alam yang lebih dalam materi dalam fisika; ke alam yang lebih dalam kesadaran di Tasawwuf-ketika ia menemukan kenyataan yang berbeda di balik penampilan duniawi dangkal kehidupan sehari-hari. Fisikawan berasal pengetahuan mereka dari percobaan sedangkan sufi dari wawasan meditasi. Sufi terlihat di dalam dan mengeksplorasi atau kesadarannya di berbagai tingkatan nya. Pengalaman tubuh seseorang, pada kenyataannya, sering dianggap sebagai kunci untuk pengalaman Tasawwuf dunia.
Kesamaan lain antara fisikawan dan sufi adalah kenyataan bahwa pengamatan mereka berlangsung di alam, yang tidak dapat diakses untuk indra biasa. Untuk fisikawan alam dunia atom dan subatom; di Tasawwuf mereka negara nonordinary kesadaran di mana dunia rasa yang melampaui. Baik untuk fisikawan dan sufi, pengalaman multidimensi melampaui dunia sensorik dan karena itu hampir tidak mungkin untuk mengekspresikan dalam bahasa biasa.


Fisika Kuantum dan Tasawwuf adalah dua manifestasi komplementer dari pikiran manusia; fakultas rasional dan intuitif. Fisikawan modern yang mengalami dunia melalui spesialisasi ekstrim dari pikiran rasional; Sufi melalui spesialisasi ekstrim dari pikiran intuitif. Keduanya diperlukan untuk pemahaman yang lebih lengkap dari dunia. Pengalaman tasawwuf perlu memahami sifat terdalam dari hal-hal dan ilmu sangat penting untuk kehidupan modern. Oleh karena itu kita membutuhkan interaksi dinamis antara Tasawwuf intuisi dan analisis ilmiah.
Share on Google Plus

- Unknown

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment