Pusat-Pusat Kemakmuran dan Peradaban Jazirah Arab


Di tempat-tempat yang airnya melimpah; seperti air hujan, mata air, dan sumur-sumur, lahirlah kehidupan menetap (peradaban) dalam bentuk kampong-kampung, tempat-tempat tinggal, pasar-pasar musiman, yang memiliki pengaruh besar dalam kehidupan bangsa Arab secara umum. Adanya kehidupan yang menetap menumbuhkan masyarakat-masyarakat dengan watak tertentu, serta pribadi-pribadi yang mandiri, terpengaruh dengan lingkungan tanah, lingkungan udara, lingkungan yang giat bekerja, dan jalan-jalan kehidupan yang dilalui masyarakat. Jadi, di Mekkah ada masyarakat tertentu yang memiliki watak tertentuk, begitu pula dengan penduduk Hirah dan penduduk Nejed.

Kota Yaman
Masyarakat Yaman adalah masyarakat yang paling kaya dan paling maju di kalangan masyarakat-masyarakat Arab, sebab tempat-tempatnya yang khas, sejarah peradabannya yang lebih tua, dan politiknya yang modern. Hal-hal tersebut telah menjadikan Yaman lebih maju dalam produksi hasil bumi, peternakan hewan dan pertambangan. Yaman telah membangun istana-istana dan benteng-benteng, mengimpor alat-alat yang dapat membantu proses produksi dan mempermudah kehidupan, baik dari Irak, negeri-negeri Syam, maupun dari Afrika.

Semoga bermanfaat.


Sumber : Pendidikan Agama Islam, Karya : Muhammad Luthfi Ubaidillah dan Fathur Rozak


Share on Google Plus

- Unknown

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment