Kenapa Allah Menciptakan Langit dan Bumi Dalam 6 Masa?


Ada yang bertanya kenapa Allah Yang Maha Kuasa dan Maha Perkasa menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, apakah itu bukti bahwa Allah tidak Maha Kuasa? Kenapa Allah tidak menciptakan langit dan bumi dalam waktu sebentar saja?

Jawaban kami :

Memang, Allah Subhanahu Wa Ta’ala menciptakan langit dan bumi dalam enam masa sebagaimana firman-Nya di banyak tempat di Al-Quran.

Allah lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy. Tidak ada bagi kamu selain dari padaNya seorang penolongpun dan tidak (pula) seorang pemberi syafa'at. Maka apakah kamu tidak memperhatikan? (Q.S. As-Sajdah : 4)

Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa'at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran? (Q.S. Yunus : 3)

Lalu kenapa Allah menciptakannya dalam enam masa? Apakah itu Allah tidak Maha Kuasa?

Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah Dzat Yang Maha Kuasa, Dia bisa menciptakan dan berkehendak terhadap sesuatu hanya dengan mengatakan “kun” yang berarti “Jadilah”

Dia-lah yang menghidupkan dan mematikan, maka apabila Dia menetapkan sesuatu urusan, Dia hanya bekata kepadanya: "Jadilah", maka jadilah ia. (Q.S. Al-Mu’min : 68)

Lalu kenapa Allah Yang Maha Kuasa menciptakan langit dan bumi dalam enam masa? Karena Allah Ta’ala itu ingin menunjukkan kepada kita bahwa segala sesuatu pekerjaan itu memerlukan proses, tidak asal jadi, meskipun Allah mampu melakukannya. Dia ingin menunjukkan kepada kita bahwasannya tanpa proses tidak akan ada keadilan. Seperti proses penciptaan manusia di Al-Quran, bukankah Allah itu Maha Kuasa? Tetapi kenapa Allah melakukannya dengan beberapa tahapan? Itulah alasannya

Melalui proses itulah Dia ingin kita berusaha dan terus berfikir dengan logika kita, kalau kita berdiam diri maka tidak akan ada hasil, Dia meminta kita terus berusaha untuk mencapai hasil yang kita inginkan.

Jadi, Allah menciptakan langit dan bumi dalam 6 masa karena Allah ingin menunjukkan kepada kita bahwasannya segala sesuatu itu butuh proses, bukan karena Allah tidak Maha Kuasa.


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

9 komentar:

  1. subhanallah , maha besar semua ciptaan allah

    ReplyDelete
  2. Subhanallah, Dia-lah Tuhan kita, Maha Agung. Guru dari saegala Guru. Dan karena itulah proeses lebih penting daripada hasil

    ReplyDelete
  3. subhanallah.. allah SWT menciptakan alam semesta ini yang begitu luasnya

    ReplyDelete
  4. Kun = menetapkan urusan dalam kehendak-Nya.
    fayakun = maka dgn urusan-Nya itu yg Ia kehendaki berlaku/terjadi.

    soal 6 masa dan proses lainnya (menggunakan unsur ketetapan yg Ia ciptakan utk berkembang menjadi ciptaan-Nya pula yg lain) adalah perspektif keadaan bagi kita manusia, melalui pedoman Al-Qur'an yg memang utk kita, baik dikajinya keterangan firman didalamnya, maupun mencari tahu akan gambaran sebagaimana yg Allah jelaskan kepada makhluk-Nya atas firman tersebut. Sedangkan 6 masa adalah proses tahapan, dan berkaitan dengan hal2 yg berasal dari-Nya (ciptaan demi ciptaan). Dan soal 'lama-waktunya' berbeda dari yg manusia bayangkan, manusia hanya dapat mengandaikan variabel-variabel definisi, sebagai contoh 1 hari nya bagi Allah dapat tidak terhingga nya bagi kita. Takkan ada kekurangan (kontradiksi) atas keterangan apapun melalui Al-Qur'an dalam segala kedudukan ciptaan-Nya dan ketentuan-Nya. Kata "kun" ibarat susunan maksud, dan jika boleh dijelaskan lagi hanya utk keagungan-Nya, sebagai tanda/sign yg dapat didefinisikan dgn jelas oleh pikiran manusia yg sebanding pula terhadap alam semesta itu sendiri. Alam pikiran ada dalam diri kita, bersiap2 utk mempelajari keagungan-Nya. Dan kita semata hanya kepada-Nya utk mengucap segala puji bagi-Nya Tuhan Semesta Alam dan Isinya..

    ReplyDelete

Baca Juga