Golongan-Golongan Bangsa Arab


Para ahli sejarah dan ahli akhbar (berita) nyaris sepakat dalam melakukan pengelompokan bangsa Arab dari segi usia menjadi beberapa golongan sebagai berikut:
1. Arab Baidah
2. Arab ‘Aribah
3. Arab Musta’ribah

Mereka juga bersepakat, atau nyaris sepakat atas pembagian bangsa Arab dari segi nasab (keturunan), menjadi dua golongan, yaitu:
1. Qahtaniyyah; tempat-tempat mereka yang utama adalah di Yaman.
1. ‘Adnaniyah; tempat-tempat mereka yang utama adalah  di Hijaz.

Antara Arab Qahtaniyyah dan ‘Adnaniyah terjadi perseteruan sejak lama, sebagaimana pertentangan keras yang terjadi antara Rabi’ah dan Mudhar selama beberapa abad. Mereka juga sepakat bahwa Qahtaniyyah adalah Arab asli, sedangkan ‘Adnaniyah adalah Arab cabang. Dari merekalah ‘Adnaniyah mengambil identitas kearaban. Dengan bahasa mereka pula anak keturunan Nabi Ismail ‘alaihissalam berbicara, sesudah kepindahan mereka ke Hijaz. Nabi Ismail ‘alaihissalam adalah kakek terbesar bagi Arab Musta’ribah, yakni Arab ‘Adnaniyah.



Pada bangsa Arab, nasab keturunan memiliki kehormatan yang besar. Hal ini telah diakui oleh ahli ilmu pengetahuan dari kalangan non Arab. Rustum, panglima perang Persia pernah mengatakan kepada orang-orang yang hadir di majelisnya, ketika mereka memandang rendah terhadap al-Mughirah bin Syu’bah, utusan umat Islam, serta menghinanya karena pakaiannya yang using dank arena ketidaksopanannya. Rustum mengatakan: “Celakalah kalian kalian! Sesungguhnya bangsa Arab memang memandang rendah terhadap pakaian dan makanan, tetapi mereka kehormatan nasab keturunan.”

Semoga bermanfaat.


Sumber : Pendidikan Agama Islam, Karya : Muhammad Luthfi Ubaidillah dan Fathur Rozak
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

Baca Juga