Gambaran Al-Quran Tentang Kenikmatan-Kenikmatan di Surga


Allah Ta’ala telah menyediakan bagi orang-orang yang bertakwa dan beriman surga, yang mana tidak sembarang orang dapat masuk ke dalam surga. Surga itu begitu indah, begitu menyenangkan, dan tempat kesudahan yang terbaik bagi orang-orang yang dikehendaki Allah untuk memasukinya. Siapa yang tidak mau masuk ke dalam surga? Semua orang di dunia ini ingin memasuki surga.

Allah Ta’ala memberikan kita gambaran kenikmatan berada surga di dalam Al-Quran.

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman, (yaitu) di dalam taman-taman dan mata-air-mata-air; (Q.S. Ad-Dukhaan : 51-52)

Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di surga 'Adn. Dan keridhaan Allah adalah lebih besar; itu adalah keberuntungan yang besar. (Q.S. At-Taubah : 72)

Yang pertama ialah surga itu memiliki taman-taman dan mata air mata air yang begitu indah, mengalahkan keindahan taman dan tempat apa saja di muka bumi ini. Di surga juga ada sungai-sungai yang luar biasa indah dan nikmatnya.

Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga 'Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah; (Q.S. Al-Kahfi : 31)

Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka adalah sutera. (Q.S. Al-Hajj : 23)

Selanjutnya di surga itu orang-orang yang berada di dalamnya akan memakai sutera yang halus dan tebal dan duduk berhadap-hadapan. Perhiasannya dari emas dan mutiara. Masya Allah

demikianlah. Dan Kami berikan kepada mereka bidadari. (Q.S. Ad-Dukhaan : 54)

Dan pada sisi mereka (ada bidadari-bidadari) yang tidak liar pandangannya dan sebaya umurnya. (Q.S. Shaad : 52)

Allah juga memberikan kepada orang-orang yang berada di dalam surga bidadari-bidadari yang sungguh cantik dan menyejukkan mata, mereka bersenang-senang di dalamnya dan bebas melakukan apa saja bersama bidadari itu.

Di dalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman (dari segala kekhawatiran) (Q.S. Ad-Dukhaan : 55)

Di dalam surga itu terdapat segala macam makanan dan buah-buahan. Apel ada, jeruk ada, anggur ada, dan semuanya itu aman dan tidak akan ada habisnya.

mereka tidak akan merasakan mati di dalamnya kecuali mati di dunia. Dan Allah memelihara mereka dari azab neraka, (Q.S. Ad-Dukhaan : 56)

Jadi di dalam surga itu tidak akan ada lagi mati, mereka akan abadi di surga dan Allah akan memeliharanya dari azab neraka. Subhanallaah.

Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas, dan piala-piala dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya." (Q.S. Az-Zukhruf : 71)

Di surga ada piring-piring dari emas, piala-piala dan segala yang kita inginkan.

Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu." (Q.S. Faathir : 35)

Di dalam surga tidak ada namanya lelah dan tidak ada namanya lesu, tidak ada namanya sakit, tidak ada namanya flu dan lain sebagainya. Penghuninya tidak akan pernah mati dan akan abadi di surga

Bagi mereka di dalam surga itu apa yang mereka kehendaki, sedang mereka kekal (di dalamnya). (Hal itu) adalah janji dari Tuhanmu yang patut dimohonkan (kepada-Nya). (Q.S. Al-Furqaan : 16)

Di dalam surga seseorang bebas menginginkan apa saja yang ia kehendaki, dia bisa meminta bidadari, makanan, istana, dan lain sebagainya.

Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya. Dan muka mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan. Mereka itulah penghuni syurga, mereka kekal di dalamnya. (Q.S. Yunus : 26)

Ini adalah kenikmatan yang melebihi nikmat berada di surga, yaitu melihat Dzat Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan mata kepala kita sendiri. Allaahu Akbar.

Dari gambaran Al-Quran saja kita sepertinya sudah terbayang begitu indah dan nikmatnya berada di surga, apalagi jikalau nanti sudah berada di surga, Maasyaa Allaah. Dasih banyak lagi kenikmatan-kenikmatan berada di surga yang lainnya. Kita berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar kita, teman kita, keluarga kita, dan semua kerabat kita dimasukkan ke dalam surga. Aamiin Allaahuma Aamiin

Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

20 komentar:

  1. Subhanallah :) Saya bangga menjadi seorang muslim

    ReplyDelete
  2. subhannallah...semoga kita semua termasuk orang-orang yg jadi penghuninya.Amin

    ReplyDelete
  3. subhannallah...semoga kita terpilih di surga yang paling terbaik kelak :)

    ReplyDelete
  4. Terharu dan sedih saya gan. Mengingat berapa besar dosa yang saya buat. Malu rasanya. Thanks ya gan, sangat menginspirasi banget. Izin obok-obok blog agan ini ya.

    ReplyDelete
  5. nggak kebayang nikmatnya tinggal disna kelak :3

    ReplyDelete
  6. artikel yang luar biasa gan....nice artikel...

    ReplyDelete

Baca Juga