Pelajaran Berharga Dari Do'a Pemuda Ashabul Kahfi di Gua


Allah Subhanahu Wa Ta’ala membagi Al-Quran ke dalam 114 surah, dan di antara surah-surah tersebut ada yang namanya Surah Al-Kahfi yang berarti Gua. Di awal surah ini, Al-Quran menceritakan bagaimana kisah beberapa pemuda dengan seekor anjing yang melarikan diri dari Raja Dikyanus yang zalim dan sombong ketika itu, Raja Dikyanus hendak membunuh mereka karena keimanan mereka kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang teguh. Akhirnya pemuda-pemuda tersebut pergi ke sebuah gua dan menetap di sana selama 309 tahun. Sampai di gua, mereka berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan doa yang begitu indah.

(Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: "Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)." (Q.S. Al-Kahfi : 10)

Banyak pelajaran yang bisa kita dapat dari do’a mereka ketika di gua. Di antaranya ialah:

1. Walaupun kita di saat yang menegangkan dan kebingungan kita harus tetap beriman dan bertaqwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

2. Hendaknya setiap kita menetap di suatu tempat kita berdo’a kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, bisa itu doa meminta petunjuk ataupun perlindungan.

3. Perbanyaklah memohon rahmat dan petunjuk kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, karena Dia adalah Pemberi Rahmat dan Pemberi Petunjuk.

4. Kita harus tetap berhusnudzon (berprasangka baik) kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala di dalam keadaan apapun.

Ada baiknya, di sela-sela waktu kita, di saat sujud kita dalam sholat, di saat setelah selesai membaca tahiyat akhir sebelum salam hendaknya kita meperbanyak do’a, salah satu do’a yang baik ialah do’a pemuda Ashabul Kahfi ini.

Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. (Q.S. Al-A’raaf : 56)

Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan senang jikalau kita banyak meminta kepada-Nya, semakin banyak maka Allah pun semakin senang. Maka dari itu, janganlah kita malas berdoa kepada-Nya.


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

8 komentar:

Baca Juga