Mulailah Dengan Basmalah Dan Akhirilah Dengan Hamdalah


Wahai saudara-saudaraku, sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah Dzat Yang menciptakan kita, Dialah Tuhan Yang telah menciptakan langit dan bumi ini. Kami mengajak kepada anda semuanya, untuk menghadirkan Allah Ta’ala selalu di hati anda, selalu mengingat Allah Ta’ala di manapun berada. Kenapa? Agar hati kita selalu tenteram, tenang, tidak gelisah, dan senantiasa berada di dalam lindungan-Nya.

Al-Quranul Karim mengajarkan kepada kita untuk memulai sesuatu dengan ucapan basmalah dan mengakhirinya dengan ucapan hamdalah.

Awalilah Dengan Basmalah

Setiap Surat Al-Quran diawali dengan bacaan basmalah kecuali Surat At-Taubah karena surat ini adalah pernyataan perang dengan arti bahwa segenap kaum muslimin dikerahkan untuk memerangi seluruh kaum musyrikin, sedangkan basmalah bernafaskan perdamaian dan cinta kasih Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Jadi 113 surat di Al-Quran diawali dengan bacaan basmalah yaitu Bismillahirrahmanirrahim yang berarti “Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”. Tetapi di dalam Surah An-Naml bacaan basmalah juga disebutkan pada ayat 30.

Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi)nya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (Q.S. An-Naml : 30)

Sehingga, bacaan basmalah disebut 114 kali di Al-Quran. Banyaknya jumlah bacaan basmalah pada Al-Quran membuktikan bahwasannya Allah Subhanahu Wa Ta’ala ingin mengajarkan kita untuk mengawali setiap perbuatan dengan membaca basmalah. Paling tidak mengucapkan “bismillah” meskipun bacaannya tidak lengkap, paling tidak kita menyebut asma Allah Ta’ala, Tetapi alangkah baiknya jika membacanya dengan lengkap karena mengandung bacaan asmaul husna Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Akhirilah Dengan Hamdalah

Beberapa Al-Quran menyebut bacaan hamdalah, yaitu Alhamdulillahirobbil’alamin yang berarti “Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.”

Seperti ayat berikut.

Maka orang-orang yang zalim itu dimusnahkan sampai ke akar-akarnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. (Q.S. Al-An’aam : 45)

Al-Quran mengajarkan kepada kita untuk mengakhirkan setiap do’a dengan mengucapkan hamdalah. Sebagaimana yang ditunjukkan ayat berikut ini.

Do'a mereka di dalamnya ialah: "Subhanakallahumma", dan salam penghormatan mereka ialah: "Salam". Dan penutup doa mereka ialah: "Alhamdulilaahi Rabbil 'aalamin" (Q.S. Yunus : 10)

Pada ayat ini, seakan-akan Allah Ta’ala ingin memberitahukan kepada kita untuk mengakhiri setiap perbuatan dengan mengucapkan hamdalah. Bahkan Dia memuji diri-Nya sendiri sebagai penegasan bagi kita bahwa bacaan ini begitu penting dan memiliki banyak faedah.

Dialah Yang hidup kekal, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia; maka sembahlah Dia dengan memurnikan ibadat kepada-Nya. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. (Q.S. Al-Mu’min : 65)

Maka dari itu saudaraku semuanya, mari kita awali segala perbuatan dengan membaca basmalah dan mengakhirinya dengan membaca hamdalah. Mudah-mudahan Allah selalu melindungi dan menaungi kita dan mari kita hadiri Allah Ta’ala di dalam hati kita masing-masing dengan selalu mengingat-Nya. Karena jikalau kita mengingat-Nya maka Allah pun akan mengingat kita pula.

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. (Q.S. Al-Baqarah : 152)


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Baca Juga