Keutamaan dan Keistimewaan Angka Sepuluh di Al-Quran


Di dalam Al-Quran Allah Subhanahu Wa Ta’ala banyak menyebutkan berbagai angka, seperti satu, dua, tiga, empat, tujuh, sampai dengan ribuan. Ini membuktikan pengetahuan Al-Quran yang begitu luas, yang terbentang dari timur sampai ke barat. Inilah pengetahuan Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang tiada tandingannya. Kali ini Ilmu Dari Al-Quran akan membahas tentang keutamaan dan keistimewaan angka sepuluh di Al-Quranul Hakim.

1. Allah Ta’ala bersumpah dengan malam yang sepuluh

dan malam yang sepuluh, (Q.S. Al-Fajr : 2)

Malam yang sepuluh itu ialah malam sepuluh terakhir dari bulan Ramadhan. Dan ada pula yang mengatakan sepuluh yang pertama dari bulan Muharram termasuk di dalamnya Hari Assyura. Ada pula yang mengatakan bahwa malam sepuluh itu ialah sepuluh malam pertama bulan Dzulhijjah.

2. Sepuluh orang yang miskin

Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu sengaja, maka kaffarat (melanggar) sumpah itu, ialah memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak. Barang siapa tidak sanggup melakukan yang demikian, maka kaffaratnya puasa selama tiga hari. Yang demikian itu adalah kaffarat sumpah-sumpahmu bila kamu bersumpah (dan kamu langgar). Dan jagalah sumpahmu. Demikianlah Allah menerangkan kepadamu hukum-hukum-Nya agar kamu bersyukur (kepada-Nya). (Q.S. Al-Maa’idah : 89)

3. Balasan kebaikan adalah 10 kali lipat

Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan). (Q.S. Al-An’aam : 160)

4. Penyempurnaan wahyu kepada Nabi Musa ‘Alaihissalam

Dan telah Kami janjikan kepada Musa (memberikan Taurat) sesudah berlalu waktu tiga puluh malam, dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh (malam lagi), maka sempurnalah waktu yang telah ditentukan Tuhannya empat puluh malam. Dan berkata Musa kepada saudaranya yaitu Harun: "Gantikanlah aku dalam (memimpin) kaumku, dan perbaikilah, dan janganlah kamu mengikuti jalan orang-orang yang membuat kerusakan." (Q.S. Al-A’raaf : 142)

5. Tantangan Allah Ta’ala tentang Al-Quran

Bahkan mereka mengatakan: "Muhammad telah membuat-buat Al Quran itu", Katakanlah: "(Kalau demikian), maka datangkanlah sepuluh surat-surat yang dibuat-buat yang menyamainya, dan panggillah orang-orang yang kamu sanggup (memanggilnya) selain Allah, jika kamu memang orang-orang yang benar." (Q.S. Huud : 13)

6. Perjanjian Nabi Syu’aib ‘Alaihissalam dengan Nabi Musa ‘Alaihissalam

katalah dia (Syu'aib): "Sesungguhnya aku bermaksud menikahkan kamu dengan salah seorang dari kedua anakku ini, atas dasar bahwa kamu bekerja denganku delapan tahun dan jika kamu cukupkan sepuluh tahun maka itu adalah (suatu kebaikan) dari kamu, maka aku tidak hendak memberati kamu. Dan kamu Insya Allah akan mendapatiku termasuk orang- orang yang baik." (Q.S. Al-Qashash : 27)

Itulah beberapa keutamaan dan keistimewaan angka sepuluh di dalam Al-Quran, mudah-mudahan menambah wawasan dan pengetahuan kita.


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

40 komentar:

  1. lengkap ya,. bagus postnya, baru tau saya :)

    ReplyDelete
  2. subhanalloh sugah tiada hal yang diciptakan tanpa arti yang dalam dan sia-sia olehnya, terimakasih sudah berbagi wawasan nya.

    ReplyDelete
  3. Waah saya baru tau niih...makasih gan ilmunya :)

    ReplyDelete
  4. Ada sedikit tambahan gan, 10 malaikat yang wajib kita imani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih untuk sarannya gan, tetapi tidak hanya 10 malaikat yang disebutkan Al-Quran gan, jadi tidak bisa saya masukkan ke dalam tulisan di atas

      Delete
  5. subhanallah,,,artikel dunia akhirat nih

    ReplyDelete
  6. dan saya lahir tanggal 10 juga gan :v

    ReplyDelete
  7. Al qur'an memang udah lengkap banget gan. Coba baca terjemah surat Ar-Rahman... hehe...

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah bertambah juga ilmu saya sedikit . thanks mas...

    ReplyDelete
  9. baru tau ane kalo angka 10 di Al-Quran tuh bagus, makasih infonya gan

    ReplyDelete
  10. sangat informatif, saya malahan baru menyadarinya :) lanjutkan berkarya, tulisanmu sangat di butuhkan untuk generasi jaman sekarang...

    ReplyDelete
  11. membaca alqur'an banyak sekali manfaatnya, selain itu juga bisa buat tabungan nanti di akhirat yang bisa membantu kita masuk syurganya Allah :)

    ReplyDelete
  12. berpegang teguh pada Alqur'an akan membuat hidup manusia menjadi tentram

    ReplyDelete
  13. Nice post mas, 10 memang perfect number

    ReplyDelete
  14. dapet ilmu lagi nih..nice gan ilmunya...

    ReplyDelete
  15. wah baru tau nih, saya juga suka no 10 :D

    ReplyDelete
  16. subhanalloh sungguh besar kuasamu ya Allah

    ReplyDelete
  17. Sanhat bermanfaat sekali untuk memperdalam islam

    ReplyDelete

Baca Juga