Allah Adalah Pemberi Rezeki Jadi Mintalah Hanya Kepada-Nya


Di antara nama-nama Asmaul Husna Allah SWT adalah Ar-Razzaq yang berarti Pemberi Rezeki. Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah Dzat Yang Maha Pemberi Rezeki. Dia Maha Kaya dan Maha Luas. Jadi mintalah kepada-Nya, karena Dia adalah sebaik-baik Pemberi Rezeki

Katakanlah: "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)." Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya. (Q.S. Saba’ : 39)

Contohlah ketika Nabi ‘Isa ‘alaihissalaam meminta kepada Allah SWT agar diturunkan rezeki. Kala itu beliau meminta dengan nama Allah SWT yaitu Ar-Razzaq.

Isa putera Maryam berdoa: "Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezki Yang Paling Utama." (Q.S. Al-Maa’idah : 114)

Ingatlah, bahwa hanya Allah saja yang memberikan rezeki itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya.

Dan mereka menyembah selain Allah, sesuatu yang tidak dapat memberikan rezki kepada mereka sedikitpun dari langit dan bumi, dan tidak berkuasa (sedikit juapun). (Q.S. An-Nahl : 73)

Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya; sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. (Q.S. Al-Israa’ : 30)

Maka mintalah kepada-Nya, jangan meminta selain kepada-Nya.

Sesungguhnya apa yang kamu sembah selain Allah itu adalah berhala, dan kamu membuat dusta. Sesungguhnya yang kamu sembah selain Allah itu tidak mampu memberikan rezki kepadamu; maka mintalah rezki itu di sisi Allah, dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada-Nya. Hanya kepada- Nyalah kamu akan dikembalikan. (Q.S. Al-‘Ankabuut : 17)


Semoga kajian singkat ini bermanfaat.
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

8 komentar:

Baca Juga