Kesombongan dan Kedurhakaan Iblis Kepada Allah SWT


Ketika Allah SWT selesai menciptakan Adam AS, Allah SWT menyuruh para malaikat dan iblis untuk bersujud kepada Nabi Adam AS sebagai bentuk penghormatan kepadanya, bukan sebagai ibadah. Tetapi di antara para malaikat dan iblis, hanya iblis lah yang tidak mau bersujud kepada Nabi Adam AS. Kenapa dia tidak mau bersujud? Alasannya adalah kesombongannya.

Dan (ingatlah), tatkala Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu semua kepada Adam", lalu mereka sujud kecuali iblis. Dia berkata: "Apakah aku akan sujud kepada orang yang Engkau ciptakan dari tanah?" (Q.S. Al-Israa’ : 61)

Iblis mengaku dia lebih baik dari Adam karena Iblis diciptakan dari api sedangkan Adam diciptakan dari tanah. Ini adalah kesombongan pertama yang dilakukan oleh hamba Allah SWT kepada Penciptanya dan tidak patut untuk dicontoh siapapun.

Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab iblis "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah." (Q.S. Al-A’raaf : 12)

Padahal dahulunya iblis itu adalah makhluk yang begitu mulia bahkan  dia pernah menjadi sayyidul malaikat yang berarti penghulu atau pemimpin para malaikat. Tetapi karena kesombongannya itu yang menyebabkan dia durhaka kepada Allah SWT, sehingga Allah SWT mengeluarkannya dari surga-Nya.

Allah berfirman: "Turunlah kamu dari surga itu; karena kamu sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina."  (Q.S. Al-A’raaf : 13)

Maka dari itu saudara-saudariku, jangan pernah kita sombong baik itu kepada sesama manusia bahkan terlebih lagi kepada Allah SWT

Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.  (Q.S. Luqman : 18)

Karena yang berhak sombong dan membanggakan diri hanyalah Allah SWT, karena Dialah Yang Maha Sombong dan Maha Kuasa atas segala sesuatu.


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Baca Juga