Istri-Istri Nabi Ini Dimasukkan Allah SWT ke Dalam Neraka


Di dalam Al-Quranul Karim Allah SWT menceritakan dua orang Nabi yang mana istrinya dimasukkan ke dalam neraka oleh Allah SWT. Mereka adalah istri dari Nabi Nuh AS dan istri dari Nabi Luth AS. Istri-Istri ini diazab oleh Allah SWT karena kedurhakaan mereka kepada Allah SWT dan suami-suami mereka.

Bahkan kedua istri ini dikisahkan dalam satu ayat, berikut adalah ayatnya.

Allah membuat isteri Nuh dan isteri Luth sebagai perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang saleh di antara hamba-hamba Kami; lalu kedua isteri itu berkhianat kepada suaminya (masing-masing), maka suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikitpun dari (siksa) Allah; dan dikatakan (kepada keduanya): "Masuklah ke dalam jahannam bersama orang-orang yang masuk (jahannam)." (Q.S. At-Tahrim : 10)

Nabi Nuh AS yang telah berdakwah kepada kaumnya kurang lebih 950 tahun hanya mendapati sedikit saja orang-orang yang beriman dan kebanyakan ingkar kepada risalah yang dibawanya bahkan termasuk istrinya.

Sedangkan istri Nabi Luth AS juga durhaka kepada Allah SWT dan tidak patuh kepada risalah yang dibawa oleh Nabi Luth AS, sehingga ketika azab ditimpakan kepada kaum Nabi Luth AS maka Allah SWT menyelamatkan Rasul-Nya dan keluarganya kecuali istrinya. Sebagaimana firman-Nya :

Maka Kami selamatkan dia beserta keluarganya, kecuali isterinya. Kami telah mentakdirkan dia termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan). (Q.S. An-Naml : 57)

Kesimpulannya adalah, bukan berarti suami kita ataupun istri kita adalah hamba yang saleh dan taat kepada Allah SWT maka dapat berpengaruh terhadap pasangannya, bisa saja salah satu di antara keduanya durhaka kepada Allah SWT. Tapi kewajiban bagi pasangan yang saleh tadi adalah mengajak dan mengingatkan kepada pasangannya satu sama lain untuk tetap dan kembali ke jalan Allah SWT. Sisanya serahkan saja keputusan di tangan Allah SWT, apakah Dia mengubah sikap pasangan tersebut ataupun tidak, yang terpenting adalah sudah saling mengingatkan dalam kebaikan dan kebenaran.


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment