Inilah Surah Yang Terdapat Dua Ayat Sajdah


Ayat sajdah adalah ayat-ayat yang mana jika kita mendengarkannya ataupun membacanya maka sangat dianjurkan bagi kita untuk melakukan sujud. Di dalam Al-Quran terdapat lima belas (15) ayat sajdah. Ada salah satu yang unik dengan ayat sajdah, yaitu ada satu surat di mana terdapat dua ayat sajdah. Surat apakah itu? Dialah surat Al-Hajj, yaitu surat yang ke-22 dan terdiri dari 78 ayat.

Menurut Al Ghaznawi, surat Al Hajj termasuk di antara surat- surat yang ajaib, diturunkan di malam dan di siang hari, dalam musafir dan dalam keadaan tidak musafir, ada ayat-ayat yang diturunkan di Mekah dan ada pula yang diturunkan di Madinah, isinya ada yang berhubungan dengan peperangan dan ada pula yang berhubungan dengan perdamaian, ada ayat-ayatnya yang muhkam dan ada pula yang mutasyabihaat.

2 ayat sajdah itu adalah ayat ke 18 dan ayat ke 77.

Allah SWT berfirman :

Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang yang melata dan sebagian besar daripada manusia? Dan banyak di antara manusia yang telah ditetapkan azab atasnya. Dan barangsiapa yang dihinakan Allah maka tidak seorangpun yang memuliakannya. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki. (Q.S. Al-Hajj : 18)

Hai orang-orang yang beriman, ruku'lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan. (Q.S. Al-Hajj : 77)


Semoga kajian singkat ini bermanfaat.
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Baca Juga