Ini Dia Satu Satunya Negara Yang Disebutkan Al-Quran


Mungkin banyak di antara kita yang tidak tahu, namun ini tentu karena ketidak sadaran dari kita. Padahal negara ini beberapa kali disebut Al-Quran, Negara apakah yang merupakan satu-satunya Negara yang disebut Al-Quran? Dialah Mesir atau ada yang mengatakan Republik Arab Mesir. Mesir merupakan salah satu Negara di benua Afrika yang beribukotakan Kairo. Mesir juga merupakan Negara pertama yang mengakui kedaulatan Negara Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Jadi, Mesir adalah satu-satunya negara yang disebut Al-Quran, karena apa? Karena dari begitu banyak daerah/kota yang disebut Al-Quran hanya Mesir lah yang merupakan negara. Sedangkan Mekkah adalah kota, Madinah adalah kota, Masjidil Haram ataupun Masjidil Aqsha adalah nama masjid ataupun wilayah. Ini menunjukkan bahwasannya Negara Mesir salah satu negara yang cukup tua dan memiliki keistimewaan. Al-Quran beberapa kali menyebut Mesir dengan sebutan “Mishro”.

Maka tatkala mereka masuk ke (tempat) Yusuf: Yusuf merangkul ibu bapanya dan dia berkata: "Masuklah kamu ke negeri Mesir, insya Allah dalam keadaan aman." (Q.S. Yusuf : 99)

Dan Fir'aun berseru kepada kaumnya (seraya) berkata: "Hai kaumku, bukankah kerajaan Mesir ini kepunyaanku dan (bukankah) sungai-sungai ini mengalir di bawahku; maka apakah kamu tidak melihat(nya)? (Q.S. Az-Zukhruf : 51)

Dan Kami wahyukan kepada Musa dan saudaranya: "Ambillah olehmu berdua beberapa buah rumah di Mesir untuk tempat tinggal bagi kaummu dan jadikanlah olehmu rumah-rumahmu itu tempat shalat dan dirikanlah olehmu sembahyang serta gembirakanlah orang-orang yang beriman." (Q.S. Yunus : 87)

Dan orang Mesir yang membelinya berkata kepada isterinya: "Berikanlah kepadanya tempat (dan layanan) yang baik, boleh jadi dia bermanfaat kepada kita atau kita pungut dia sebagai anak." Dan demikian pulalah Kami memberikan kedudukan yang baik kepada Yusuf di muka bumi (Mesir), dan agar Kami ajarkan kepadanya ta'bir mimpi. Dan Allah berkuasa terhadap urusan-Nya, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahuinya. (Q.S. Yusuf : 21)

Bahkan Nabi Yusuf AS pernah menjadi bendaharawan negara Mesir, sebagaimana firman Allah SWT

Berkata Yusuf: "Jadikanlah aku bendaharawan negara (Mesir); sesungguhnya aku adalah orang yang pandai menjaga, lagi berpengetahuan." Dan demikianlah Kami memberi kedudukan kepada Yusuf di negeri Mesir; (dia berkuasa penuh) pergi menuju kemana saja ia kehendaki di bumi Mesir itu. Kami melimpahkan rahmat Kami kepada siapa yang Kami kehendaki dan Kami tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik.  (Q.S. Yusuf : 55-56)


Semoga kajian singkat ini bermanfaat.
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

18 komentar:

  1. tapi sayangnya negeri mesir sekarang sedang dijajah kaum diktator

    ReplyDelete
  2. Kerajaan Mesir Kuno berbeda jauh dengan Republik Mesir yang sekarang. Yang dimaksud oleh AlQuran di sana adalah "negeri", bukan "negara". Kata negeri berbeda dengan "negara". Cari dulu bedanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud saya bukan begitu mas, maksud saya. Negara sekarang yang disebut Al-Quran hanya Mesir. Meskipun dulunya mesir itu adalah negeri ataupun kekaisaran misalnya :)

      Delete
    2. Lha seperti negeri Syam itu bagaimana? dan juga Persia, yg merupakan nama lain dari Iran

      Delete
    3. Iya, tetapi syam dan persia tidak disebutkan namanya di Al-Quran mas :)

      Delete
  3. Nice mas. jadi bertambah nih ilmu saya.... terimakasih.

    ReplyDelete
  4. Info yng bermanfaat nih gan.
    Jarang" orang tau. .

    ReplyDelete
  5. mesir adalah negri orang2 suci allah di lahirkan seperti nabi yusuf,musa,harun,dan hajar dan masih banyak lgi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, tidak semuanya gan. Tetapi memang banyak juga hamba-hamba Allah SWT yang sholeh lahir di Mesir

      Delete
  6. wahhhh seru gan, bisa di sebut di al quran ya

    ReplyDelete

Baca Juga