Allah SWT Tidak Akan Membebani Seseorang di Luar Kesanggupannya


Di dunia ini kita akan diuji oleh Allah SWT dengan berbagai ujian, agar apa? Agar derajat kita diangkat oleh Allah SWT, maka dari itu kita harus berusaha untuk lulus dari ujian yang diberikan-Nya.

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (Q.S. Al-Baqarah : 155)

Tetapi Allah SWT tidak membebani seseorang di luar kesanggupannya

Kami tiada membebani seseorang melainkan menurut kesanggupannya, dan pada sisi Kami ada suatu kitab yang membicarakan kebenaran, dan mereka tidak dianiaya. (Q.S. Al-Mu’minuun : 62)

Karena apa? Karena Allah SWT Maha Mengetahui bagaimana kita jika kita diuji dan seberapa besar dapat bertahan dengan ujian yang diberikan-Nya. Jadi jangan pernah beranggapan Allah SWT menguji kita melebihi kemampuan kita. Dan cukuplah penutup dari Surah Al-Baqarah yang indah ini menjadi renungan bagi kita semua.

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma'aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."  (Q.S. Al-Baqarah : 286)


Semoga bermanfaat. 
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Baca Juga