Al-Quran Menerangkan Berbagai Fungsi dan Kegunaan Air


Air adalah sumber daya alam yang begitu melimpah di muka bumi ini, memiliki berbagai manfaat dan merupakan tempat hidup bagi beberapa hewan. Lebih dari setengah bumi ini terdiri dari air, bahkan tubuh kita juga lebih banyak mengandung air daripada zat-zat yang lainnya. Di Al-Quran, Allah SWT menerangkan begitu banyak fungsi dan kegunaan air. Sebagaimana firman-Nya :

Dan Kami turunkan dari langit air yang banyak manfaatnya lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam, (Q.S. Qaaf : 9)

 Maka dari itu kami akan mengulas tentang kegunaan air yang dijelaskan Al-Quran.

1. Air sebagai kebutuhan tumbuhan

Yang telah menjadikan bagimu bumi sebagai hamparan dan Yang telah menjadikan bagimu di bumi itu jalan-ja]an, dan menurunkan dari langit air hujan. Maka Kami tumbuhkan dengan air hujan itu berjenis-jenis dari tumbuh-tumbuhan yang bermacam-macam. (Q.S. Thaahaa : 53)

Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. (Q.S. Az-Zumar : 21)

Di ayat tersebut Allah SWT menjelaskan bahwasannya air hujan yang digunakan untuk menumbuhkan tumbuh-tumbuhan.

2. Tempat tinggal beberapa hewan

Maka tatkala mereka sampai ke pertemuan dua buah laut itu, mereka lalai akan ikannya, lalu ikan itu melompat mengambil jalannya ke laut itu. (Q.S. Al-Kahfi : 61)

Dari ayat di atas Allah SWT menjelaskan bahwasannya ikan tersebut berusaha untuk ke laut karena ikan-ikan hanya bisa hidup di air.

3. Untuk berwudhu

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur. (Q.S. Al-Maa’idah : 6)

4. Manusia membutuhkan air untuk berbagai keperluan

Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?." (Q.S. Al-Mulk : 30)

5. Untuk diminum oleh berbagai makhluk Allah SWT, terutama hewan dan manusia

agar Kami menghidupkan dengan air itu negeri (tanah) yang mati, dan agar Kami memberi minum dengan air itu sebagian besar dari makhluk Kami, binatang-binatang ternak dan manusia yang banyak. (Q.S. Al-Furqaan : 49)

6. Segala Sesuatu yang hidup dijadikan dari air

Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman? (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 30)

7. Untuk mandi

(Allah berfirman): "Hantamkanlah kakimu; inilah air yang sejuk untuk mandi dan untuk minum." (Q.S. Shaad : 42)


Demikianlah kajian singkat dari Ilmu Dari Al-Quran, kurang lebih kami mohon maaf dan semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Baca Juga