Al-Quran Berikan Cara Mencegah Perbuatan Dosa


Di dalam Al-Quran, Allah SWT banyak memberikan kita metode ataupun cara bagaimana agar kita tidak melakukan perbuatan dosa. Berikut adalah di antaranya.

1. Perbanyak mengingat Allah SWT
Dengan mengingat Allah SWT kita tidak akan terfikir hal lainnya yang bisa melupakan kita dari Allah SWT apalagi untuk melakukan dosa, kita tidak akan terfikirkan untuk melakukan dosa karena fikiran kita hanya ada Allah SWT dan hal-hal positif lainnya. Mengingat Allah SWT bisa dengan berdzikir, istighfar, bertakbir, bertasbih, bertahmid, sholat, membaca Al-Quran dan ibadah yang lainnya.

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. (Q.S. Ar-Ra’d : 28)

2. Melakukan sholat dengan baik dan benar
Kalau kita mengerjakan sholat dengan baik dan benar, maka mustahil bagi kita untuk melakukan suatu perbuatan keji ataupun dosa. Tapi jikalau sholat kita ada yang kurang atau banyak salahnya maka tidak menutup kemungkinan kita bisa mengerjakan perbuatan dosa.

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Al-‘Ankabuut : 45)

3. Perbanyak mengingat kematian
Setiap jiwa ataupun manusia yang selalu mengingat kematiannya, dia akan memikirkan hal-hal positif dan memperbanyak amal serta ibadahnya. Dia tidak akan mau berbuat dosa meskipun itu hal kecil, karena dia tau bahwasannya dia akan mati dan setiap yang dia lakukan akan dimintai pertanggung jawaban

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan. (Q.S. Al-‘Ankabuut : 57)

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan. (Q.S. Al-Muddatstsir : 38)

4. Menyadari bahwa itu adalah godaan syetan
Syetan tidak pernah kehabisan cara untuk menggoda dan menggoda manusia agar terjerumus dalam perbuatan dosa. Syetan memiliki lebih dari 1001 cara untuk menyesatkan manusia agar lalai dalam mengingat Allah SWT dan ingin menjadikan manusia sebagai temannya di Neraka kelak.

Dan janganlah kamu sekali-kali dipalingkan oleh syaitan; sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. (Q.S. Az-Zukhruf : 62)

Itu tadi adalah beberapa tips dan cara Al-Quran agar kita tidak melakukan perbuatan dosa sehingga kita dapat mencegahnya sampai selama-lamanya. Mari kita hindari perbuatan dosa dan tetap di jalan Allah SWT.


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

18 komentar:

  1. Jadi Merinding sendiri ane.. inget berapa banyak dosa yg ane perbuat :(

    ReplyDelete
  2. tapi kenapa yang orang berdosa itu kebanyakan orang islam. teroris juga semuanya islam

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak juga mas, jgn menyalahkan agamanya, di dalam agama Islam tidak pernah ada anjuran untuk menjadi teroris. Dan satu hal lagi mas, org non muslim juga banyak loh yg menjadi teroris. Jd yg berhak disalahkan yaitu manusianya atau orgnya, karena dia tidak mematuhi perintah agama :)

      Delete
  3. betul banget, semua urusan kehidupan ada di dalam Al-Qur'an

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mas, Al-Quran itu menerangkan segala sesuatu

      Delete
  4. Yahh jadi inget siksaan kubur aja nih ane :(
    Mulai dari sekarang ane mau memperbaiki iman ane, thanks yaah gan ~

    ReplyDelete
  5. Jadi terpikir dpsan dosa yg saya buat.. btw nice artikel gan

    ReplyDelete
  6. semua urusan pasti ada di dalam al quran ^^ nice info gan

    ReplyDelete
  7. Al-Qur'an mengatur dari segala hal.... dari terkecil sampai terbesar...
    nice post gan ... thanks udah share

    ReplyDelete

Baca Juga